//

KEEFEKTIFAN BEBERAPA MOLUSISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Munawar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Munawar / 0805101050072. Keefektifan Beberapa Molusisida Nabati Terhadap Mortalitas Keong Mas (Pomacea canaliculata L.). Di bawah bimbingan Alfian Rusdy sebagai pembimbing utama dan Husni sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan perasan daun tembakau, daun nimba, daun sirsak, daun biduri dan daun gamal sebagai molusisida nabati untuk mengendalikan keong mas (P. canaliculata). Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Hama Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh, sejak bulan September hingga November 2014. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri dari 7 perlakuan dengan 3 ulangan, sehingga terdapat 21 unit percobaan. Peubah yang diamati meliputi mortalitas, kemampuan konsumsi keong mas dan rata-rata kecepatan waktu kematian. Berdasarkan hasil pengamatan seluruh peubah yang meliputi mortalitas, kemampuan konsumsi dan rata-rata kecepatan waktu kematian dapat dikatakan bahwa penggunaan ekstrak daun tembakau, ekstrak daun nimba dan ekstrak daun sirsakdengan konsentrasi (250 cc) efektif untuk mengendalikan hama keong mas di Laboratorium. Sementara itu, penggunaan Niclosan dengan dosis (1 cc) mengakibatkan mortalitas keong mas 100% pada 3 HSA (Hari Setelah Aplikasi). Tinggi rendahnya mortalitas mempengaruhi kemampuan konsumsi dan rata-rata kecepatan waktu kematian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak molusisida nabati dan Niclosan dapat meningkatkan efektivitas, sehingga terjadi sinergisme pengendalian. Hal ini disebabkan semakin banyak bahan aktif ekstrak yang digunakan maka daya racunnya akan semakin besar. Kata kunci : Keong mas dan molusisida nabati.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEEFEKTIFAN MOLUSISIDA NIKLOSAMIDA PADA BERBAGAI TINGKAT UMUR KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) (RADHIYA UMMAMI, 2016)

UJI TOKSISITAS EKSTRAK DAUN KIRINYUH (EUPATORIUM ODORATUM L.) TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) (Nurhasbah, 2016)

KEEFEKTIFAN CAMPURAN EKSTRAK BAWANG PUTIH DAN DAUN MIMBA UNTUK MENGENDALIKAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA LAMARCK) (HARDIKA AZMI SOLIN, 2018)

PENGENDALIAN HAMA KEONG MAS (POMACEACANALICULATA)RNDENGAN EKSTRAK KUNYIT KETUMBU (CURCUMA MANGGA)RNDI PERSAWAHAN GAMPONG LAMPUUK KECAMATAN KUTA BARORNKABUPATEN ACEH BESAR (Fitriani, 2014)

UJI KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA SEBAGAI MOLUSISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS KEONG MAS(POMACEA CANALICULATA LAMARCK) (ANNA FARISA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy