//

STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH (BPBA) DALAM MENSOSIALISASIKAN INFORMASI BENCANA KEPADA MASYARAKAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andi Wibowo - Personal Name
SubjectCOMMUNICATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas FISIPOL
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dalam Mensosialisasikan Informasi Bencana kepada Masyarakat”. Permasalahannya adalah minimnya pengetahuan masyarakat Aceh akan informasi bencana ditambah letak geografis provinsi Aceh yang rentan akan bencana menjadi tugas bagi BPBA untuk mensosialisasikan informasi bencana kepada masyarakat serta bagaimana perspektif masyarakat terhadap strategi komunikasi yang di lakukan oleh BPBA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi BPBA dalam mensosialisasikan informasi bencana kepada masyarakat serta untuk mengetahui bagaimana perspektif masyarakat terhadap strategi komunikasi yang di lakukan oleh BPBA. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dan informasi di peroleh dengan melakukan wawancara mendalam kepada informan, kemudian di lakukan observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian di analisis dengan melakukan reduksi data, di klasifikasikan, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, strategi komunikasi BPBA dalam mensosialisasikan informasi bencana kepada masyarkat di lakukan melalui penyuluhan dan penggunaan media massa yang dalam menjalankannya telah dilakukan perencanaan, penerapan dan evaluasi, sedangkan perspektif masyarakat terhadap strategi komunikasi BPBA masih cukup minim, dan cenderung kurang mendapat informasi bencana yang memadai sehingga masyarakat belum mengerti akan informasi bencana. Saran kepada BPBA, Strategi komunikasi BPBA berupa penyuluhan dan penggunaan media massa sebagai sarana sosialisasi tersebut perlu untuk di tingkatkan dari segi waktu pelaksanaan dan cakupan wilayah guna meningkatkan pencapaian kapasitas sasaran masyarakat menjadi lebih tinggi dimasa mendatang. Sedangkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap informasi bencana perlu di buat pesan sosialisasi yang lebih mudah di pahami oleh masyarakat baik dalam penyuluhan atau pun pesan di media massa. Kata Kunci : Strategi, Informasi Bencana, Masyarakat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REVITALISASI MITIGASI BENCANA MELALUI PERENCANAAN KOMUNIKASI KEBENCANAAN OLEH BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH (BPBA) KEPADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH (Lukmanul Hakim, 2018)

BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PEGAWAI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH (BPBA) (Shely Muna, 2016)

PENGARUH ORGANIZATIONAL SILENCE (OS) TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH (Henny Nurmayani, 2018)

STUDI KESIAPSIAGAAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH DALAM MENGHADAPI BENCANA TSUNAMI DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD HARITS, 2019)

ANALISIS TINGKAT KINERJA BPBD KABUPATEN PIDIE DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR (SYAWALUDDIN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy