//

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI RNLAMKLAT KECAMATAN DARUSSALAM RNKABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ISMUHA - Personal Name
SubjectTEACHERS
PRINCIPALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI LAMKLAT KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR Oleh : Ismuha NIM : 1209200050037 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Khairuddin, M. Pd. 2. Dr. Djailani AR, M. Pd. ABSTRAK Kompetensi manjerial merupakan kemampuan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien, khususnya meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan program, pelaksanaan dan evaluasi untuk kinerja guru pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, komite, ketua KKG dan pengawas. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program-program untuk meningkatkan kinerja guru adalah menyusun perangkat perencanaan pembelajaran, merancang dan memanfaatkan media pembelajaran, pemanfaatan ICT dalam pembelajaran, pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan, meningkatkan pelayanan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, merencanakan dan melakukan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran. (2) Pelaksanaan program diawali dengan pembagian tugas sesuai kemampuan dan keahlian dengan menerapkan pendekatan lesson study antara sesama guru. Program yang terlaksana adalah menyusun perangkat perencanaan pembelajaran, pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan dan meningkatkan pelayanan dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Sementara program yang tidak terlaksana adalah memanfaatkan media pembelajaran, pemanfaatan ICT dalam pembelajaran dan (3) Evaluasi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru tidak seluruhnya berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Hal ini disebabkan oleh kesibukan kepala sekolah seperti mengikuti rapat yang sifatnya mendadak dan menyiapkan administrasi sekolah. Hasil evaluasi belum dilakukan dalam bentuk dokumentasi pelaporan pelaksanaan kegiatan manajerial kepala sekolah. Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Kepala Sekolah dan Kinerja Guru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI UNGGUL DI KABUPATEN ACEH BESAR (SYARIFAH NURMASYITHAH, 2019)

KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH (Deni Fajar Wicoksono, 2021)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH PADA SMP UNGGUL PIDIE JAYA (HUSNA, 2016)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERSONIL SEKOLAH PADA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Aisyah, 2017)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI RNLAMKLAT KECAMATAN DARUSSALAM RNKABUPATEN ACEH BESAR (ISMUHA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy