//

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN DESIMAL SISWA SEKOLAH DASAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erna Wirda - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Erna Wirda (2014). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal Siswa Sekolah Dasar Bilangan Desimal merupakan materi pelajaran yang sulit dipahami siswa sekolah dasar. Pecahan dan desimal dipandang siswa sebagai dua hal berbeda. Siswa sulit memahami bahwa 1/4 sama dengan 0,25 karena cara penulisannya berbeda. Kondisi ini menyebabkan guru perlu mendesain lintasan belajar yang dapat mempermudah siswa memahami materi bilangan desimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang dapat membantu siswa memahami konsep bilangan desimal. Penelitian ini melibatkan satu orang guru dan 36 siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Design Research dilaksanakan dua siklus yaitu pilot experiment dan teaching experiment yang masing-masing terdiri atas tiga tahap yaitu (i)Preparing for the Experiment, (ii)the Teaching Experiment, (iii)the Retrospective Analysis. Pengumpulan data penelitian menggunakan dua macan instrumen yaitu instrumen utama yang merupakan peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang terdiri dari lembar aktivitas siswa, lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan HLT yang dikembangkan dapat membantu siswa memahami konsep bilangan desimal. Kata Kunci: Hypothetical Learning Trajectory (HLT), pemahaman siswa, bilangan desimal, tematik, meningkatkan, desain.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM MENGAJARKAN BILANGAN DESIMAL DI SEKOLAH DASAR (Fitriadi, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BILANGAN DESIMAL SISWA KELAS VII SMP TNA FATIH BILINGUAL SCHOOL (dessy amalia, 2013)

PEMBUATAN APLIKASI KARTU BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC.NET (Dessy Sariyani, 2015)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP ASAM BASA (MUSLIMATUL WALIDAH, 2017)

ANALISIS MISKONSEPSI PADA KONSEP PRASYARAT ALJABAR YANG TERJADI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAYAH (Nurlita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy