//

HUBUNGAN INVESTASI PORTOFOLIO DAN KURSRNTERHADAP CADANGAN DEVISA INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HENDRO SAPUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Hubungan Investasi Portofolio Dan Kurs Terhadap Cadangan Devisa Indonesia Nama : Hendro Saputra Nim : 0801101010041 Fakultas : Ekonomi Jurusan : Ekonomi Pembangunan Pembimbing : Fakhruddin, S.E., M.S.E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap cadangan devisa Indonesia oleh variabel nilai tukar, investasi portofolio. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Kuartal, sejak Kuartal I tahun 1996 sampai dengan Kuartal IV tahun 2014. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model vector autoregression (VAR). Model ini mengasumsikan dan memperlakukan semua variabel sebagai variabel endogen. Hasil dari penelitian dengan uji kausalitas menunjukkan bahwa variabel nilai tukar tidak mempunyai hubungan kausalitas dengan variabel cadangan devisa tetapi variabel cadangan devisa mempunyai hubungan dengan nilai tukar. Variabel investasi portofolio mempunyai hubungan kausalitas dengan variabel cadangan devisa begitu juga sebaliknya variabel cadangan devisa mempunyai hubungan kausalitas dengan variabel investasi portofolio. Variabel investasi portofolio mempunyai hubungan kausalitas dengan variabel nilai tukar begitu juga dengan variabel nilai tukar mempunyai hubungan kausalitas dengan variabel investasi portofolio. Dengan demikian, variabel nilai tukar sangat mempengaruhi investasi portofolio. Hasil pengujian dengan metode VAR menunjukkan bahwa variabel nilai tukar dan investasi portofolio sama-sama tidak mempunyai hubungan yang signifikan dan berpengaruh negatif terhadap variabel cadangan devisa. Disarankan kepada pemerintah agar menjaga tingkat kestabilan perekonomian dalam negeri guna kestabilan cadangan devisa Indonesia. Kata Kunci: Cadangan Devisa, Nilai Tukar, dan Investasi Portofolio

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FLUKTUASI CADANGAN DEVISA INDONESIA TAHUN 1992 - 2010 (Aan Bastian, 2020)

ANALISIS CADANGAN DEVISA INDONESIA (M. Azmy S, 2020)

ANALISIS CADANGAN DEVISA INDONESIA (Elya Rahmayanti, 2014)

HUBUNGAN KAUSALITAS PERDAGANGAN LUAR NEGERI, INVESTASI PORTOFOLIO, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (Kana Rizki Dara Mutia, 2014)

ANALISIS PASAR SAHAM INDONESIA (Muhammad Thareq Kemal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy