//

PERFORMANSI KARAKTER AGRONOMI PADI TURUNAN (F1) DARI HASIL PERSILANGAN ANTARA VARIETAS LOKAL ACEH DENGAN VARIETAS INTRODUKSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vini Amelia - Personal Name
SubjectPADDY RICE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Padi merupakan komoditas strategis yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, baik sosial, ekonomi, budaya maupun politik. Introduksi varietas unggul berumur genjah ke pusat produksi padi di berbagai wilayah menyebabkan erosi genetik. Upaya untuk memperbaiki performansi dan kualitas padi yang sudah ada saat ini dapat dilakukan dengan perkawinan silang antara varietas padi lokal Aceh dengan varietas padi introduksi yang mempunyai gen potensial. Gen potensial yang terdapat pada varietas introduksi tersebut yaitu gen ketahanan terhadap penyakit hawar daun yang disebabkan oleh Xanthomonas oryzae yang terdapat pada galur IR BB 27. Disamping ini terdapat juga gen ketahanan terhadap genangan yang terdapat pada varietas Swarna ataupun gen sd-1 untuk sifat batang rendah dari tanaman padi sehingga tanaman tidak rebah. Gen ini terdapat pada varietas Yinzhan sedangkan varietas lokal membawa keunggulan dari rasa yang pulen dan tekstur nasi yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengamati performansi F1 dan F1R dari hasil persilangan padi asal Aceh dan padi Introduksi untuk mendapatkan varietas-varietas unggul baru yang tidak mudah rebah, tahan genangan dan tahan hawar daun bakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas Tinggong/Yinzhan memiliki potensi hasil yang tinggi dan tahan terhadap cekaman lingkungan yang juga merupakan turunan paling unggul dari turunan lainnya sehingga dapat dikembangkan menjadi varietas unggul baru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEBERADAAN GEN SEMIDWARF (SD-1) DAN KARAKTERISTIK AGRONOMI PADA TANAMAN PADI F2 HASIL PERSILANGAN TINGGONG DAN SWARNA (AYUNDA PUTRI, 2019)

PERFORMANSI HASIL PERSILANGAN BEBERAPA VARIETAS RNDAN GALUR PADI (ORYZA SATIVA L.) INTRODUKSI DAN RNINDONESIA (SARAH NURUL FITRIA, 2014)

PENDUGAAN NILAI HERITABILITAS KARAKTER TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) GENERASI F2 (ALIYUL QADRI, 2018)

ANALISIS KEBERADAAN GEN SD-1 DAN SIFAT AGRONOMI PADA BC2F2 HASIL PERSILANGAN PADI SIGUPAI DAN YINZHAN (Ramazatul Lisa, 2020)

KARAKTERISASI AGRONOMI GALUR PADI INBRIDA F5 HASIL PERSILANGAN SIGUPAI DENGAN IRBB27 (PUTRI AMANINA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy