EFEK PENAMBAHAN SUSU SKIM DAN KOMBINASI BAKTERI ASAM LAKTAT TERHADAP KARAKTERISTIK DADIH SUSU SAPI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEK PENAMBAHAN SUSU SKIM DAN KOMBINASI BAKTERI ASAM LAKTAT TERHADAP KARAKTERISTIK DADIH SUSU SAPI


Pengarang

Risma Zahriana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1105104010039

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Peternakan (S1) / PDDIKTI : 54231

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

636.214 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Suatu penelitian telah dilakukan untuk mengetahui karakteristik dadih yang dibuat dari susu sapi dengan penambahan susu skim dan kombinasi bakteri asam laktat (BAL). penelitian ini dilakukan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pengolahan Susu Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala pada tanggal 10 sampai dengan 14 April 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 4x2 dengan 3 kali ulangan yang terdiri dari dari 2 faktor yaitu faktor A (penambahan susu skim) dengan 4 level yaitu a1 = 0 persen, a2 = 2 persen, a3 = 4 persen dan a4 = 6 persen. Faktor B (kombinasi bakteri asam laktat) dengan 2 level yaitu b1 = 2,5 persen dan b2 = 5 persen. Parameter yang diamati adalah kadar protein, nilai sineresis dan total mikroba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara susu skim dan kombinasi bakteri asam laktat dan berpengaruh sangat nyata (P?0,01) dalam meningkatkan kadar protein, menurunkan nilai sineresis dan meningkatkan total mikroba pada dadih susu sapi. Hasil analisa menunjukkan bahwa rata-rata kadar protein dadih susu sapi 7,270 persen, nilai sineresis rata-rata 46,869 dan rata-rata total mikroba 221,4 x 107. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlakuan kombinasi yang paling baik dari hasil penelitian ini adalah pada penambahan susu skim sebanyak 6 persen dan kombinasi bakteri asam laktat sebanyak 5 persen dimana semakin tinggi persentase penambahan susu skim dan kombinasi bakteri asam laktat dapat meningkatkan kadar protein, menurunkan nilai sineresis dan meningkatnya total mikroba pada dadih susu sapi.
Kata Kunci : Dadih, Susu Skim, Kombinasi Bakteri Asam Laktat

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK