//

PENGARUH PENITIPAN ANAK DI PAUD TERHADAP FREKUENSI KEJADIAN ISPA PADA ANAK DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rasuna Jamilan - Personal Name
SubjectCHILDCARE
RESPIRATORY ALLERGIES -MEDICINE
RESPIRATORY DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama, karena setiap tahunnya penyakit ini membunuh sekitar 1,1 juta anak yang berusia di bawah lima tahun. Penularan ISPA berasal dari droplet yang keluar dari mulut atau hidung penderita saat batuk atau bersin. Anak yang berada di tempat penitipan sangat sering mengalami kontak langsung dengan anak lainnya, sehingga risiko dan penularan ISPA akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penitipan anak di PAUD terhadap frekuensi kejadian infeksi saluran pernapasan akut pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan metode stratified random sampling, dari tanggal 9-27 maret 2015 didapatkan 53 anak yang dititip di PAUD dan 53 anak yang tidak dititip di PAUD dengan usia 1-4 tahun yang memenuhi kriteria penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada orangtua anak. Analisis data dengan menggunakan uji Chi-Square (p< 0,05). Dari 53 anak yang dititip di PAUD terdapat 36 anak (67,9%) dengan frekuensi sering. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang bermakna antara penitipan anak di PAUD dengan frekuensi kejadian ISPA (p = 0,019). Terdapat pengaruh antara lama keberadaan anak di PAUD dengan frekuensi kejadian ISPA (p = 0,031). Anak yang dititip di PAUD memiliki risiko 1,6 kali lebih sering untuk menderita ISPA dibandingkan dengan anak yang tidak dititip di PAUD. Kata kunci : Penitipan anak, PAUD, ISPA

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN SUSU SAPI TERHADAP FREKUENSI KEJADIAN ISPA PADA ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (CUT FARAH IZZATY, 2015)

HUBUNGAN KEBERADAAN ANGGOTA KELUARGA YANG MEROKOK DALAM RUMAH DENGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Safrina H, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT PADA ANAK DENGAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN ASIANOTIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Novendi Rizka, 2015)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR TRANSKULTURAL DENGAN PERILAKU PENCARIAN PELAYANAN KESEHATAN PADA KELUARGA BALITA DENGAN ISPA DI KOTA LHOKSEUMAWE (Muammar, 2020)

GAMBARAN PENERAPAN RESPIRATORY HYGIENE DI MASYARAKAT KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (AYU HUMAIRA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy