//

PENGARUH OBESITAS TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuni Astuti Lubis - Personal Name
SubjectHYPERTENSION
OBESITY - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hipertensi merupakan masalah kesehatan global di negara maju maupun negara berkembang. Salah satu faktor risiko terjadinya hipertensi adalah obesitas. Risiko hipertensi meningkat dengan bertambahnya Indeks Massa Tubuh (IMT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh obesitas terhadap kejadian hipertensi di Polikilinik Penyakit Dalam BLUD RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross sectional yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober-5 Desember 2012. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang. Data diperoleh melalui rekam medik dan pengukuran langsung terhadap berat badan dan tinggi badan untuk mengetahui Indeks Massa Tubuh (IMT). Analisis data dilakukan secara bertahap meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi- suquare. Berdasarkan hasil uji statistik dengan chi-square untuk variabel obesitas menunjukkan nilai probabilitas p(0,000)< α(0,05). Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara obesitas dengan kejadian hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam BLUD RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dengan Rasio Prevalens (RP) 2,3 (95%-CI:1,4-3,8), artinya responden yang obesitas mempunyai peluang 2,3 kali untuk mengalami hipertensi dibandingkan dengan responden tanpa obesitas. Kata kunci : Hipertensi dan obesitas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA OBESITAS DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Novia Mahmudah, 2015)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN FUNGSI KOGNITIF (Defira Rosa Amalia, 2014)

HUBUNGAN OBESITAS TERHADAP KEJADIAN GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE (GERD) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Amelia Wijaya Agustin, 2015)

HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK, STRES DAN POLA MAKAN DENGAN RISIKO TERJADINYA HIPERTENSI PADA WANITA DI PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Etika Sari, 2021)

PREVALENSI OBESITAS PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLIKLINIK JANTUNG RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MULTAZAM, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy