KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL SBMPTN BIDANG RNMATEMATIKA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 BANDA ACEH RNTAHUN 2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL SBMPTN BIDANG RNMATEMATIKA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 BANDA ACEH RNTAHUN 2015


Pengarang

Srimawarni - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020039

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : SBMPTN bidang matematika, kemampuan, kesulitan

Untuk menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi negeri dengan baik, pemerintah setiap tahunnya melakukan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis yang diadakan serentak di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, salah satu tesnya adalah tes kemampuan bidang matematika. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Kemampuan Menyelesaikan Soal SBMPTN Bidang Matematika Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Banda Aceh Tahun 2015”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Banda Aceh terhadap materi yang diuji pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri pada bidang matematika dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat (kesulitan) siswa dalam memecahkan soal SBMPTN bidang matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang didukung dengan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 61 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik uji Wilcoxon serta ditentukan persentase kemampuan siswa dengan menggunakan rumus persentase. Dari 61 siswa yang mengikuti tes tersebut terdapat 1 siswa (1,6%) dengan kemampuan menyelesaikan soal tes masuk kedalam kategori baik, 2 siswa (3,3%) dengan kemampuan berkategori cukup dan selebihnya 58 siswa (95,1%) dengan kemampuan berkategori kurang dalam pemecahan soal SBMPTN bidang matematika. Hasil tes menunjukkan bahwa siswa kelas XII SMA Negeri 1 Banda Aceh masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal SBMPTN bidang matematika, terutama terhadap materi Kombinatorik dan Trigonometri. Kesulitan siswa masih terjadi pada semua kategori yang ditetapkan, diantaranya: kesulitan konsep; kesulitan prinsip; dan kesulitan verbal. Sedangkan penyebab kesulitan siswa secara umum adalah karena: siswa lupa terhadap konsep dasar limit fungsi trigonometri, siswa mengalami kesulitan memahami bagaimana syarat turunan pertama suatu fungsi jika fungsi tersebut naik, serta siswa masih sulit menafsirkan apa maksud dari pertanyaan yang diberikan pada soal.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK