//

PENGGUNAAN PROGRAM MICROSOFT EXCEL UNTUK MENGANALISIS KUALITAS ITEM TES KIMIA PADA JENIS SOAL PILIHAN BERGANDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SILVIA ARMAYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengembangkan program untuk menganalisis kualitas item tes kimia pada jenis soal pilihan berganda menggunakan program microsoft excel. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah soal tes Kimia Mahasiswa USMU Unsyiah Tahun 2011-2012. Data penelitian berupa lembar jawaban tes pertama dan tes kedua dari siswa dianalisis menggunakan program yang telah didesain menggunakan program microsoft excel dan angket tanggapan guru tentang desain program yang telah dibuat menggunakan program microsoft excel diolah dalam bentuk persentase. Selanjutnya data tersebut dianalisis untuk setiap option jawaban yang dipilih oleh peserta tes menggunakan program Microsoft excel yang sudah didesain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa soal tes secara keseluruhan tidak valid dikarenakan harga rxy (-0,0217) lebih kecil dari rtabel (0,3610), soal tes tidak memiliki validitas bandingan dikarenakan harga rxy (0,31) lebih kecil dari rtabel (0,3610), terdapat 6 buah soal yang valid dan 22 soal tidak valid. Koefisien reliabilitas tes sebesar -0,044 maka tes memiliki reliabilitas rendah (unreliable). Hasil analisis tingkat kesukaran soal tes 42,86% termasuk item soal baik, sedangkan 57,14% termasuk item soal yang kurang baik, baik karena terlalu sukar maupun terlalu mudah. Analisis daya pembeda menunjukkan 10,71% memiliki daya pembeda yang baik, 32,14% memiliki daya pembeda sedang, dan 57,14% memiliki daya pembeda lemah. Perbandingan antara hasil analisis menggunakan program microsoft excel dengan menggunakan kalkulator dan program Anates tidak terlalu berbeda sehingga menunjukkan program ini layak dipakai untuk menganalisis kualitas item tes pada soal pilihan berganda. Kelebihan program Microsoft excel yang sudah di desain ini dibandingkan dengan kalkulator adalah lebih mudah, cepat, dan praktis. Bila dibandingkan dengan program anates program ini memiliki kelebihan dalam menganalisis validitas tes, validitas bandingan, dan validitas item tes.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL BUATAN GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (AYA SOFIYA, 2020)

IMPLEMENTASI MODUL FUZZY CLUSTERING PADA MICROSOFT EXCEL DENG AN VISUAL BASIC (Agussalim, 2020)

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL UJIAN KOMPREHENSIF PADA JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA TAHUN 2016 (Miftahul Jannah, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF CHEMANAL BERBASIS MICROSOFT EXCEL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (CUT NURHALISA, 2019)

ANALISIS PEMAHAMAN AWAL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FKIP KIMIA UNSYIAH ANGKATAN 2019 PADA MATERI STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR TIER MULTIPLE CHOICE (Sri Rahayu Mukti Ningsih, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy