//

MINYAK ATSIRI DAUN KECOMBRANG (ETLINGERA ELATIOR) (JACK.) R.M. SMITH. SEBAGAI ANTIBAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rayyan Alfaruqi - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
ESSENTIAL OIL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kecombrang adalah salah satu tanaman dari spesies Etlingera elatior yang memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut adalah sebagai kosmetik dan bahan pangan yang bisa difungsikan sebagai pencegah penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktifitas antibakteri yang ada pada daun kecombrang. Minyak atsiri dihasilkan dengan cara menyuling menggunakan metode destilasi uap air. Uji fitokimia daun kecombrang dilakukan secara kualitatif. Uji aktivitas minyak atsiri daun kecombrang dilakukan dengan menggunakan metode difusi terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 kali pengulangan. Hasil penyulingan minyak atsiri dari daun kecombrang sebanyak 5 kg yaitu 1,9 cc. Hasil skrining fitokimia daun kecombrang menunjukkan terdapatnya senyawa kimia alkaloid, terpenoid dan saponin. Hasil uji aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa minyak atsiri pada konsentrasi 75% memberi daya hambat paling efektif terhadap bakteri Staphylococcus aureus yaitu sebesar 11,8 mm. Sementara pada minyak atsiri daun kecombrang konsentrasi 50% dan 25% yaitu memberikan daerah hambat berturut-turut 9 mm dan 6,8 mm. Data dianalisis normalitas dan homogenitasnya dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk dan uji Levene, kemudian setelah terbukti bahwa data terdistribusi normal dan homogen, maka dianalisis dengan ANOVA yang menunjukkan minyak atsiri daun kecombrang memiliki pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus dan dilanjutkan dengan uji beda Duncan yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata pada setiap perlakuan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI SEREH WANGI (CYMBOPOGON NARDUS L.) TERHADAP ISOLAT KLINIS STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (MAYA RISKA, 2015)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI KULIT BUAH JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) TERHADAP ISOLAT STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Erni Vajriana, 2015)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI SERAI WANGI (CYMBOPOGON NARDUS (L.) RENDLE) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (MRSA) (Cut Mutia Ayu Ningsih, 2019)

PENGARUH AKTIVITAS MINYAK ATSIRI DAUN SIRIH HIJAU (PIPER BETLE L.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Eka Nadia, 2015)

PENGARUH JENIS BUNGA DAN WAKTU PEMETIKAN TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAN AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI BUNGA KENANGA (CANANGA ODORATA) (RULITA MAULIDYA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy