//

PEMBELAJARAN MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN STRATEGI MNEMONIK RNDI KELAS X MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ricki Pranata - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Strategi Mnemonik, NHT dan Hasil Belajar. Trigonometri merupakan salah satu materi yang diajarkan di sekolah menengah atas kelas X semester genap. Trigonometri adalah materi yang sangat penting untuk dipelajari karena materi ini bukan hanya menjadi bahan ujian, tetapi juga memiliki lanjutannya di kelas XI. Selain itu, materi ini memiliki banyak kontribusi dalam kehidupan sehari-hari seperti perhitungan ketinggian pohon dan penentuan arah kiblat suatu tempat. Dalam pembelajaran trigonometri ini dapat diterapkan strategi mnemonik, yaitu suatu cara untuk membantu siswa mengingat informasi dengan lebih efektif dan mudah. Mnemonik mempelajari informasi baru dengan menghubungkan informasi tersebut dengan informasi yang telah ada baik melalui gambar visual atau kombinasi huruf maupun kata. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dalam hal pembelajaran materi trigonometri melalui model kooperatif tipe NHT dengan strategi mnemonik di Kelas X MAN Darussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa baik secara klasikal maupun secara individual dan untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran trigonometri melalui strategi mnemonik yang diterapkan didalam model kooperatif tipe NHT. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Darussalam. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-I yang berjumlah 31 orang. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan statistik non-parametrik maka Thitung = 45. Dengan taraf kesalahan =0,05, maka harga T tabel = 163. Thitung< Ttabel, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas kelas X MAN Darussalam telah mencapai tahap berhasil atau tuntas. Sedangkan Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran berdasarkan pengamatan menunjukan kurang efektif. Hal itu dapat dilihat dari angka persentase respon siswa terhadap pernyataan positif kurang dari 80% .

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN STRATEGI MNEMONIK RNDI KELAS X MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Ricki Pranata, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfikar , 2016)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy