//

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Makae a match dan tipe Scramble pada Materi Segi empat di kelas VII SMP PKPU ACEH BESAR Tahun Pelajaran 2011-2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita Handayani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MAKAE A MATCH
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, teknik make a match, teknik scramble, hasil belajar, Segi empat Salah satu model pembelajaran yang banyak menyajikan permainan dalam proses pembelajarannya adalah model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa teknik dalam pembelajaran kooperatif, diantaranya teknik make a match dan teknik scramble. Dengan menerapkan model pembelajaran diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match dan Scramble Pada Materi Segi empat di Kelas VII SMP PKPU Aceh Besar Tahun Pelajaran 2011/2012 ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe scramble dan siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe make a match dikelas VII SMPS PKPU Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan pre-eksperimental design jenis Pre-test and Post-test Group dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara purposive sample atau sampel bertujuan. Dua kelas tersebut yaitu kelas VIIHarun yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan kelas VIIAbu yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Setelah pembelajaran berlangsung untuk memperoleh data hasil belajar siswa dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan instrumen yaitu lembar tes akhir (post tes) yang berisi enam soal tentang materi segi empat. Sedangkan dalam pengumpulan data pendukung instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi kemampuan guru (LOKG), lembar observasi aktivitas siswa (LOAS), dan lembar angket respon siswa. Pengolahan data hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji-t dua pihak dan taraf signifikan . Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe make a match dan siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe scramble pada materi Segi empat di kelas VII SMP PKPU Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (mirna, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATERI MINYAK BUMI DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (Junita, 2021)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (CUT JULITA ZAHARA, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy