//

HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL DENGAN BERAT BADAN BAYI LAHIR DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Efi Nazarita Agustina - Personal Name
SubjectHEMOGLOBIN
LOW BIRTH WEIGHT - PEDIATRICS AND MOTHERS
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

Berat lahir bayi adalah berat bayi yang ditimbang dalam waktu 1 jam pertama setelah lahir. Berat lahir merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor melalui suatu proses yang berlangsung selama berada dalam kandungan Banyak faktor yang mempengaruhi berat badan bayi lahir, salah satunya adalah kadar hemoglobin. Hemoglobin sangat dibutuhkan untuk pembentukan darah janin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar hemoglobin ibu hamil dengan berat badan bayi lahir. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain crossectional, dengan jumlah sampel 67 orang ibu yang akan bersalin dikamar bersalin RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh periode 12 Desember 2012 sampai dengan 29 Januari 2013. Teknik pengambilan sampel adalah Accidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi bivariat product pearson moment. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kadar hemoglobin ibu adalah 10,64 g/dl dan hasil rata-rata bayi lahir dengan berat 3125,18 gram. Dari hasil analisis dua arah Korelasi Pearson, didapati kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara kadar hemoglobin ibu hamil dengan berat badan bayi lahir, dengan tingkat hubungan sangat lemah (r = -0,077, p = 0,533). Kesimpulan: tidak terdapat hubungan antara kadar hemoglobin ibu hamil dengan berat badan bayi lahir. Kata kunci: kadar hemoglobin selama kehamilan, berat badan bayi lahir.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PREEKLAMPSIA DENGAN BERAT BADAN LAHIR DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2011 (Shiddiq Wiratama, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR)DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (NOPHIA KUSMAWATI, 2015)

HUBUNGAN ANTROPOMETRI BAYI BARU LAHIR DENGAN JUMLAH HEACTING PADA IBU POST PARTUM YANG MENGALAMI TINDAKAN EPISIOTOMI DI RUANG BERSALIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012/2013 (rosanita, 2014)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO IBU DAN BAYI TERHADAP BAYI BERAT BADAN LAHIR RENDAH DI RUANG NEONATAL INTENSIVE CARE UNIT (NICU)RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH JANUARI-JUNI 2014 (Ainul Riza, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SELF EFFICACY IBU MERAWAT BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH TAHUN 2015. (NOVI MULYANA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy