//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FUNGSI KOGNITIF USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahriani Ulfa - Personal Name
SubjectELDERLY
GERIATRICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Bertambahnya populasi usia lanjut dapat mengakibatkan meningkatnya masalah kesehatan yang terkait dengan penyakit degeneratif, salah satunya adalah penurunan fungsi kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi kognitif pada usia lanjut di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan teknik total sampling. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan September 2012. Fungsi kognitif pada usia lanjut dinilai dengan kuesioner Mini Mental State Examination (MMSE). Responden berjumlah 40 orang yang terdiri dari 28 perempuan dan 12 laki-laki. Responden berumur 60-87 tahun. Berdasarkan hasil penelitian didapat 27 (67,5%) responden dengan gangguan fungsi kognitif dan 13 (32,5%) responden dengan fungsi kognitif normal. Hasil uji analisis fisher’s exact test menunjukkan terdapat hubungan antara umur (p = 0,004) dan tingkat pendidikan (p = 0,029) dengan fungsi kognitif pada usia lanjut, tidak ada hubungan antara jenis kelamin (p = 1,000), riwayat hipertensi (p = 0,722), dan riwayat diabetes mellitus (p = 1,000) dengan fungsi kognitif pada usia lanjut di UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi fungsi kognitif usia lanjut yaitu umur dan tingkat pendidikan. Kata kunci: Fungsi kognitif, usia lanjut, Mini Mental State Examination (MMSE)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PERIODONTITIS KRONIS PADA USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Rauzha Wulana Cindy, 2016)

HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ACTIVITIES OF DAILY LIVING (ADL) PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (SALSABILA, 2017)

PROFIL LANSIA TERKAIT DENGAN FAKTOR RESIKO HIPERTENSI PADA LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rasyid Sulaiman Siregar, 2014)

ADAPTASI SOSIAL LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG GAMPONG LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (NANDA MUSTIKE, 2018)

HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN RISIKO JATUH PADA LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Said Birrul Walidain, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy