IDENTIFIKASI BAKSO BERFORMALIN PADA WARUNG MIE BAKSO KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IDENTIFIKASI BAKSO BERFORMALIN PADA WARUNG MIE BAKSO KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Fariz Masyhuri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101030079

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

613

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penambahan formalin pada bakso akhir-akhir ini sering terjadi di pasaran, kendati demikian masyarakat sekarang kurang memiliki pengetahuan tentang bakso yang aman dan baik untuk dikonsumsi. formalin memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Pemakaian formalin pada makanan dapat menyebabkan keracunan pada tubuh manusia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat bahan kimia formalin yang terdapat di dalam bakso daging. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel bakso yang dijual di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Dari hasil analisis kadar formalin pada 12 sampel bakso pada Kecamatan Syiahkuala kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan 11 sampel bakso tidak mengandung formalin kecuali pada sampel 3 yang mengandung formalin 0,10 mg/l. Bagi masyarakat agar dapat lebih memperhatikan jenis makanan sebelum di konsumsi, agar terhindar dari campuran bahan kimia saat proses produksi yang dilakukan oleh produsen.
Kunci : Bakso, formalin, Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK