//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEKERJA LAS DENGAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG MATA PADA BENGKEL LAS DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Kurniawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Alat Pelindung Diri (APD) merupakan seperangkat alat yang digunakan oleh tenaga kerja untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuhnya dari adanya potensi bahaya dan kecelakaan kerja dalam hal ini penelitian ini adalah alat pelindung pada mata. Hasil penelitian ketajaman penglihatan oleh Trisnowiyanto tahun (2002) terhadap pekerja pengelasan listrik di pasar semanggi Surakarta didapati hasil banyak yang mengalami gangguan ketajaman penglihatan ringan dan sebagian besar juga mengalami konjungtivis. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap pekerja las dengan pemakaian alat pelindung mata di Kecamantan Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross sectional survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 pekerja bengkel las. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tentang pertanyaan mengenai pengetahuan dan sikap terhadap penggunaan alat pelindung mata. Hasil penelitian di dapat dari 57 responden terdapat 56.1% yang menggunakan alat pelindung mata lengkap dan 43.9% yang menggunakan alat pelindung mata tidak lengkap. dan terdapat hubungan antara pengetahuan (dengan nilai p value 0.018) dan sikap (dengan nilai p value 0.003) dengan penggunaan alat pelindung mata pada pekerjaan las di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh Tahun 2012. Kata Kunci : Penggunaan Alat pelindung mata, pengetahuan, sikap

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD)PADA PEKERJA LEPAS YANG BEKERJA UNTUK PLN DI BANDA ACEH (Yulia Mahara, 2019)

HUBUNGAN PERAN KELOMPOK REFERENSI DAN SIKAP SISWA TERHADAP PERILAKU PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI BERKENDARAAN PADA SISWA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Fithia Sari, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PERAWAT RNTERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI RNRUANG KEMOTERAPI RUMAH SAKIT UMUMDAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FAJARIA MUNIRA HASAN, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA INDUSTRI BATU BATA DUSUN LAMSEUSONG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2015 (TEUKU SULTAN ALAUDDINSYAH, 2015)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI GAMPONG LAMGUGOB KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2012 (ERI MAULIDAR, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy