//

AKUNTANSI PENDAPATAN IURAN PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA (JKK) PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL FATHONAH - Personal Name
SubjectINCOME - ACCOUNTING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi (D3)
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Berdasarkan hasil pembahasan pada bab-bab sebelumnya, dan hasil pengamatan selama melakukan praktek kerja lapangan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banda Aceh, maka penulis menarik beberapa kesimpulan dan mencoba memberikan saran-saran. 5.1. Kesimpulan Dari pembahasan yang telah penulis uraikan pada bab- bab sebelumnya, maka dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut : 1. BPJS Ketenagakerjaan merupakan suatu lembaga yang ditugaskan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja bagi setiap tenaga kerja. Salah satu program jaminan yang sangat bermanfaat bagi tenaga kerja yaitu program jaminan kecelakaan kerja, karena seluruh biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan peserta akan ditanggung sepenuhnya oleh bpjs ketenagakerjaan sampai peserta tersebut dinyatakan sembuh kembali, dan apabila tenaga kerja dinyatakan cacat atau meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, maka pihak bpjs akan memberikan santunan bagi peserta yang cacat dan biaya pemakaman bagi peserta yang dinyatakan meninggal dunia. 31 2. Pendapatan iuran program jaminan kecelakaan kerja yaitu seluruh iuran yang dibayarkan peserta tenaga kerja kepada pihak bpjs. Iuran tersebut akan diberikan kepada peserta apabila peserta tenaga kerja mengalami kecelakaan kerja pada saat berangkat bekerja, sampai kembali kerumah melalui jalan yang wajar dilalui. Jika peserta tidak mengalami kecelakaan kerja sampai peserta tersebut berhenti atau pensiun dari pekerjaan tenaga kerja tersebut, maka iuran yang telah dibayar kepada pihak bpjs tidak akan dikembalikan kepada peserta tersebut. 5.2.Saran-saran Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis menyarankan beberapa hal untuk perbaikan di masa yang akan datang yaitu sebagai berikut : 1. Untuk meningkatkan pendapatan iuran pada BPJS Ketenagakerjaan, maka pihak bpjs harus sering melakukan gerakan sosial untuk penduduk setempat agar mengetahui manfaat menjadi peserta bpjs dan menyarankan agar tenaga kerja mengikuti program jaminan tenaga kerja yang diselenggarakan oleh pihak bpjs, semakin banyak peserta yang mengikuti jaminan sosial tenaga kerja maka semakin meningkat pendapatan yang diperoleh oleh bpjs. 2. Menjelaskan secara rinci tentang program jaminan sosial tenaga kerja setiap program agar peserta memahami setiap manfaat yang diberikan terutama menjelaskan manfaat program jaminan kecelakaan kerja karena manfaat jaminan kecelakaan kerja sangat dibutuhkan oleh tenaga kerja.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKUNTANSI PENDAPATAN IURAN PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA (JKK) PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDA ACEH (NURUL FATHONAH, 2015)

SISTEM INFORMASI KLAIM JAMINAN HARI TUA (JHT) PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDA ACEH (SAID ROYYAN, 2016)

SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP BEBAN USAHA PADA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG BANDA ACEH (MAISYI YULIANI, 2018)

PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM JAMINAN KECELAKAAN KERJA PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDA ACEH (FIFI MARYAM, 2015)

STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KETENAGAKERJAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA JASA PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN DI KOTA BANDA ACEH (NOF MIRANDA WAHYUDI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy