//

EVALUASI ORGANOLEPTIK DAGING DAN BOBOT ORGAN DALAMAYAM BROILER DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSILYANG SEBAGIAN DISUBSTITUSIDENGAN MENIR DAN BUNGKILKELAPA SERTA PENAMBAHAN PROBIOTIK MAROLIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Said Mirza Pratama - Personal Name

Abstrak/Catatan

Evaluasi Organoleptik Daging dan Bobot Organ DalamAyam Broiler dengan Pemberian Ransum Komersilyang Sebagian Disubstitusidengan Menir dan BungkilKelapa serta Penambahan Probiotik Marolis Oleh: Said Mirza Pratama NIM. 1105104010020 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan pakan menir dan bungkil kelapa sebagai substitusi sebagian ransum komersil sertapenambahan probiotik marolis di dalam air minum terhadap nilai organoleptik daging, berat, danpersentase beberapa organ dalam ayam broiler.Penelitian ini dilakukan di Field Lab Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, tanggal 13Februari-21Maret 2015 dan untuk keperluan uji organoleptik serta pengukuran bobot organ dalam ayam broiler dilakukan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Daging, Jurusan Peternakan, Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan 100 ekor ayam broiler strainCP 707, produksi PT. Charoen Pokphand Jaya Farm, Medan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan subsampel (RAL), terdiri 5 perlakuan, 4 ulangan, dan 2 subsampel. Setiap ulangan merupakan unit percobaan, masing-masing terdiri dari 5 ekor ayam. Perlakuan yang dicobakan, selama periode starter adalah ransum komersil 511 Novo disusbtitusi dengan menir+bungkil kelapa sebanyak 0% (R1), 1,5+1% (R2), 3+2% (R3), 4,5+3% (R4) dan 6+4% (R5). Selama periode grower/finisher, ransum komersil 512 Novo disubstitusi dengan menir+bungkil kelapa sebanyak 0% (R1), 3+2% (R2), 6+4% (R3), 9+6% (R4), dan 12+8% (R5). Masing-masing perlakuan R2-R5 ditambah probiotik marolis sebanyak 0.5-1.0 ml/l air. Parameter yang diukur adalah skor organoleptik karkas utuh, daging mentah, dan daging bakar (penampilan umum, warna, aroma, keempukan dan rasa) dan berat serta persentase organ dalam (hati, jantung, rempela, usus, pankreas, dan limpa). Data dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA), jika didapat perbedaan nyata dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (Steel dan Torrie, 1993). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa substitusi ransum komersil dengan menir+bungkil kelapa sampai 20% dan penambahan probiotik marolis dalam air minum tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap semua parameter organoleptik karkas utuh, daging mentah, dan daging bakar. Substitusi ransum komersil dengan menir+bungkil kelapa sampai 20% dan penambahan probiotik marolis dalam air minum juga tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap semua berat dan persentase organ dalam ayam broiler. Kata kunci : menir, bungkil kelapa, probiotik, karkas, organ dalam, broiler

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS EKONOMI PEMELIHARAAN AYAM BROILER YANG DIBERI RANSUM KOMERSIL DENGAN SUBSTITUSIMENIR DAN BUNGKIL KELAPA SERTA PENAMBAHANMAROLIS (Syarifah Rahma, 2015)

EVALUASI PERFORMAN AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN KOMERSIL DENGAN SUBSTITUSI MENIR DAN BUNGKIL KELAPA SERTA PENAMBAHAN MAROLIS (wilda yanti, 2015)

SUBSTITUSI MENIR DAN BUNGKIL KELAPA DALAM RANSUM KOMERSIL TERHADAP BERAT AKHIR DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER (Syahrial, 2015)

PENGGUNAAN PAKAN FERMENTASI, PROBIOTIK, DAN TEPUNG INDIGOFERA (INDIGOFERA TINCTORIA) TERHADAP PERTUMBUHANAYAM BROILER (Sri Mulyana, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN PROBIOTIK LOKAL YAKULT + RAGI TAPE TERHADAP BERAT DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER (M. Haris Munandar, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy