PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE SQ3R PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALRNDI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE SQ3R PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALRNDI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

Viki Intania - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103060071

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Metode SQ3R, Aritmatika Sosial
Hingga saat ini masih ada nilai matematika siswa yang rendah. Sehingga perlu diupayakan suatu bentuk pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa dan penyajian materi matematika yang lebih menarik, sehingga dapat membantu siswa mengatasi kesulitan belajar dan menghilangkan persepsi buruk siswa terhadap pelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan metode penyampaian yang tepat agar mudah dipahami, salah satu metode yang memberi peluang bagi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran adalah metode SQ3R (Survey-Question-Read-Recite-Review). Metode SQ3R dapat menumbuhkan minat belajar siswa dengan mengajak siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif dengan metode SQ3R dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari delapan kelas. Sedangkan sampel yang diteliti hanya sebanyak dua kelas yaitu kelas VII7 dan VII8 dengan banyaknya siswa masing-masing kelas 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil evaluasi siswa (post-test) pada taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan dk = 48. Hasil pengujian hipotesis didapat t_hitung = 3,83, sedangkan? t?_tabel = 1,68. Jadi t_hitung>t_tabel. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif dengan metode SQ3R lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun ajaran 2013/2014.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK