//

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ana Farhana - Personal Name
SubjectPERIODONTITIS - DENTISTRY
GINGER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Ana Farhana Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Potensi Antibakteri Ekstrak Jahe (Zingiber officinale Roscoe) Terhadap Porphyromonas gingivalis Periodontitis kronis adalah penyakit periodontal yang umum terjadi di masyarakat dengan prevalensi 96,58% pada usia 35 tahun ke atas. Penyebab utama periodontitis kronis adalah akumulasi plak dan bakteri. Bakteri yang paling dominan pada periodontitis kronis adalah Porphyromonas gingivalis. Jahe (Zingiber officinale Roscoe) merupakan tanaman rempah-rempah yang banyak digunakan oleh masyarakat, mengandung senyawa metabolit sekunder berupa flavonoid, terpenoid, fenol, dan minyak atsiri yang bersifat antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi antibakteri ekstrak jahe (Zingiber officinale Roscoe) terhadap Porphyoromonas gingivalis dengan berbagai konsentrasi yaitu 6,25%, 12,5%, 25%, 50%, dan 100%. Uji potensi antibakteri dilakukan dengan menempatkan kertas cakram yang telah dicelupkan pada kelompok uji dengan 5 konsentrasi kemudian diletakkan pada permukaan media MHA (Mueller Hilton Agar) yang telah ditumbuhkan Porphyromonas gingivalis, dan diinkubasi selama 24 jam pada suhu 370C dalam suasana anaerob. Selanjutnya zona hambat dihitung dengan menggunakan jangka sorong. Data di analisis dengan uji one way ANOVA yang menunjukkan bahwa ekstrak jahe (Zingiber officinale Roscoe) dapat menghambat Porphyromonas gingivalis dengan probabilitas (P

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KUANTITAS NEUTROFIL AKIBAT APLIKASI EKSTRAK JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR RUBRUM) PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) DENGAN PERIODONTITIS KRONIS (Hessyi Amanda Pratiwi, 2016)

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM (KHM)DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMUM (KBM) EKSTRAK JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS (Zuraida, 2015)

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS ATCC 33277 (Novita Putri Ranggaswuni, 2019)

PENGARUH EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE)RNTERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (NENDA SRIWIDASARI, 2014)

EFEKTIVITAS PHYTO RESPON ESKTRAK ETANOL DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) TERHADAP VIRULENSI PORPHYROMONAS GINGIVALIS ATCC 33277 SECARA IN-VITRO (POPPY MILA FADRIANI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy