Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Melly Afriyati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1307101030076
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
614.42
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Hakekat dasar dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan adalah harus mampu menampilkan dan memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat menciptakan kepuasan bagi pasien. Kepuasan pasien merupakan evaluasi pasien dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya memberikan hasil sama dengan harapan. Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan kesehatan meliputi pelayanan admisi, dokter, perawat, makanan, obat-obatan, sarana, peralatan, lingkungan fisik serta pelayanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kota Banda Aceh yang dilaksanakan sejak bulan Juni 2012 sampai Maret 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Data kuesioner yang diperoleh dari 120 responden dianalisis secara deskriptif, kemudian untuk mencari pengaruh tiap variabel pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien akan dilakukan analisis dengan uji Chi-square pada program SPSS Version 17.0. Hasil uji Chi-square menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pelayanan administrasi (p=0.001), pelayanan dokter (p=0.000), pelayanan paramedis (p=0,000), pelayanan obat (p=0,003), dan ketersediaan sarana prasarana (p=0,003) dengan kepuasan pasien. Secara keseluruhan diperoleh nilai (p=0,000) yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kota Banda Aceh. Upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan diperlukan untuk memberikan kepuasan yang lebih baik bagi pasien.
Kata kunci: Kepuasan pasien, Pelayanan kesehatan, Puskesmas
Tidak Tersedia Deskripsi
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Melly Afriyati, 2015)
HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (NURUL HADI, 2015)
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (dewi sartika saragih, 2015)
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT YANG BEROBAT TERHADAP MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH 2015 (AHMAD FAKHRAN, 2016)