//

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP INSOMNIA PADA MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA PADA MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS SYIAH KUALA PERIODE APRIL-MEI 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rini Pratiwi - Personal Name
SubjectINSOMNIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Insomnia merupakan kesulitan untuk tidur atau kesulitan untuk tetap tidur, bahkan seseorang yang terbangun dari tidur, tetapi merasa belum cukup tidur. Menurut studi epidemiologi mengungkapkan insomnia mempengaruhi 15-40% populasi di dunia. Menurut United States Census Bureau, International Data Base tahun 2004 terhadap penduduk Indonesia dinyatakan bahwa dari 238,5 juta jiwa penduduk Indonesia, sebanyak 28 juta jiwa (11,7%) mengalami insomnia. Angka ini membuat insomnia sebagai salah satu gangguan paling banyak yang dikeluhkan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bersiat deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai gambaran pengetahuan dan sikap terhadap insomnia pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Senior (KKS) Fakultas Kedokteran Unsyiah. Populasi dan sampel dalam penelitian ini mencakup Seluruh Mahasiswa KKS di Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat/Ilmu Kedokteran Komunitas (IKM/IKK) Fakultas Kedokteran Unsyiah. Dari hasil penelitian didapatkan prevalensi insomnia pada Mahasiswa KKS di Bagian IKM/IKK Fakultas Kedokteran Unsyiah yaitu sebanyak 25%. Mahasiswa KKS yang mengalami insomnia berpengetahuan tidak baik yaitu 25% dan pada kategori berpengetahuan baik yaitu 25%, atau tidak terdapat kecenderungan hubungan antara insomnia dan tidak. Sikap dari kelompok menderita insomnia berada dalam kategori tidak setuju yaitu 14,3% dan pada kategori setuju yaitu 35,7%. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa lebih banyak responden secara umum telah mengetahui tentang insomnia yang meliputi penyebab, akibat maupun manfaat tidur. Kata kunci: insomnia, sikap, pengetahuan, Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP INSOMNIA PADA MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA PADA MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK SENIOR FAKULTAS SYIAH KUALA PERIODE APRIL-MEI 2014 (Rini Pratiwi, 2015)

TINGKAT PENGETAHUAN, MINAT, DAN PERSEPSI MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP KEILMUAN KEDOKTERAN FORENSIK DAN MEDIKOLEGAL (FATHIN HIDAYAH, 2020)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN LAMANYA MENJALANI KEPANITERAAN KLINIK SENIOR PADA DOKTER MUDA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Abdullah Gemor, 2017)

PENGARUH TINGKAT KEJENUHAN KERJA SHIFT MALAM TERHADAP TINGKAT KEKEBALAN STRES DOKTER MUDA YANG MENJALANI KEPANITERAAN KLINIK SENIOR DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Muhammad Aulia Kurniawan, 2014)

TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK MENGENAI PROTEKSI RADIASI PADA PENGAMBILAN FOTO ROENTGEN DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNSYIAH (yusmar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy