ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN PEMANFAATAN LAHAN UNTUK TUJUAN NON PERTANIAN DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN PEMANFAATAN LAHAN UNTUK TUJUAN NON PERTANIAN DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Dedi Saputra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1001101010068

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

333.731 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perubahan pemanfaatan lahan untuk tujuan non pertanian di Kota Banda Aceh. Model yang digunakan adalah regresi linear berganda (OLS), dengan menggunakan data sekunder. Variabel yang digunakan adalah variabel makroekonomi yaitu PDRB perkapita,Inflasi dan Luas Lahan Pertanian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga variabel bebas yang digunakan, hanya dua variabel yang mempengaruhi perubahan pemanfaatan lahan untuk tujuan non pertanian di Kota Banda Aceh, yaitu variabel Inflasi dan Luas Lahan Pertanian. Sedangkan variabel PDRB perkapita berpengaruh Negatif. Rekomendasi penelitian ini adalah: a. Pemerintah atau pihak terkait selaku pengambil kebijakan dalam hal ini disarankan agar mengatur dan menerapkan aturan yang tegas terhadap lahan yang dapat di alih fungsikan. Selain itu pemerintah juga harus lebih memperketat izin untuk mendirikan bangunan agar Kota Banda Aceh tetap tertata rapi; b. Penelitian lanjutan diharapkan dapat menganalis biaya manfaat dari perubahan pemanfaatan lahan untuk tujuan non pertanian di Kota Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK