//

KEMAMPUAN AIR REBUSAN DAUN SALAM (EUGENIA POLYANTHA WIGHT) TERHADAP JUMLAH MAKROFAG PADA GAMBARAN HISTOLOGI PERIODONTITIS AGFRESIF(PENELITIAN PADA TIKUS MODEL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AFINI RAHIMI - Personal Name
SubjectPERIODONTITIS - DENTISTRY
ORAL HYGIENE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Afini Rahimi Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Aggregatibacter actinomycetemcomitans merupakan bakteri yang paling dominan pada periodontitis agresif. Daun salam (Eugenia polyantha w) bersifat sebagai anti-inflamasi, antimikroba, analgesik dan antibakteri. Saat ini, belum banyak penelitian mengenai potensi daun salam dalam respon inflamasi yang diperankan oleh makrofag. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris yang menggunakan tikus putih rattus norvegiccus yang dibagi ke dalam empat kelompok, yaitu tiga kelompok perlakuan air rebusan daun salam dengan konsentrasi 20%, 40%, dan 80%, dan satu kelompok kontrol akuades. Pada hari pertama kelompok perlakuan dan kelompok kontrol diinokulasi bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans sampai hari ketujuh. Hari kedelapan sampai kesepuluh kelompok perlakuan diaplikasikan air rebusan daun salam dan kelompok kontrol diaplikasikan akuades pagi dan sore hari. Hari kesebelas tikus dieuthanasi dan dilakukan pengambilan sampel histologi jaringan periodontal tikus untuk diamati secara mikroskopik. Hasil perbandingan jumlah makrofag kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol yang dianalisis dengan Kruskal-Wallis Microsoft Excel-Analyse it v 2.30 menunjukkan perbedaan yang bermakna (p≤0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kandungan air rebusan daun salam dapat membantu respon inflamasi yang diperankan oleh sel makrofag. Kata Kunci : Periodontitis Agresif, Aggregatibacter actinomycetemcomitans, Rebusan daun salam (Eugenia polyantha w).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SALAM (EUGENIA POLYANTHA) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL DARAH TIKUS JANTAN (RATTUS NORVEGICUS) GALUR WISTAR (Muhammad Reva Florean, 2016)

EFEK ANTIINFLAMASI EKSTRAK DAUN TANAMAN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP JUMLAH MAKROFAG PADA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) YANG DIINDUKSI PERIODONTITIS KRONIS (Nurfauziyah Handayani Harahap , 2016)

PENGENDALIAN LAJU KOROSI PADA BAJA PLAT HITAM A36 DALAM MEDIUM KOROSIF MENGGUNAKAN INHIBITOR EKSTRAK DAUN SALAM (EUGENIA POLYANTHA (WIGHT.) WALP.) (DESY FITRIANA, 2018)

ANALISIS MIKROSKOPIK JUMLAH MAKROFAG TIKUS DENGAN PERIODONTITIS KRONIS SETELAH PEMBERIAN JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRA) (Melati Hayatul Husni, 2016)

EFEK ANTIBAKTERIAL REBUSAN TEH HIJAU (CAMELLIA SINENSIS)TERHADAP PERTUMBUHAN AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS SEBAGAI PERIODONTOPATOGEN PERIODONTITIS AGRESIF. (Amalia Dwi Habdani Harahap, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy