//

HUBUNGAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA PADA PASIEN ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUDZA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Rahmi - Personal Name
SubjectASTHMA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Asma merupakan suatu beban bagi penderitanya, keluarga dan pemerintah. Untuk itu asma dalam keadaan terkontrol harus dipertahankan. Selama ini tingkat kontrol asma masih kurang diperhatikan, dengan mengendalikan lingkungan tempat tinggal, tingkat kontrol asma dapat di tingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan tempat tinggal dengan tingkat kontrol asma pada pasien asma dan sebagai case study dipilih Poliklinik Paru RSUDZA Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional survey dan pengambilan data dilaksanakan pada bulan November-Desember 2012 terhadap 64 responden. Tingkat kontrol asma pada pasien asma dinilai dengan kuesioner Asthma Control Test (ACT). Berdasarkan hasil penelitian didapat 35 (54,7%) dengan asma tidak terkontrol, responden dengan asma terkontrol sebagian 29 (45,3%) dan tidak ada satu pun responden dengan asma yang terkontrol sepenuhnya. Hasil uji analisis Chi-Square test pada interval kepercayaan 95% dengan α=0,05 menunjukkan terdapat hubungan antara lingkungan tempat tinggal dengan tingkat kontrol asma (p value 0,000), ada hubungan antara komponen rumah dengan tingkat kontrol asma (p value 0,008), ada hubungan antara sarana sanitasi rumah dengan tingkat kontrol asma (p value 0,009) dan ada hubungan antara perilaku penghuni rumah dengan tingkat kontrol asma (p value 0,021) pada pasien asma di Poliklinik Paru RSUDZA Kota Banda Aceh. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa lingkungan tempat tinggal berhubungan dengan tingkat kontrol asma pada pasien asma. Kata kunci: Lingkungan tempat tinggal, tingkat kontrol asma, Asthma Control Test (ACT)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit Waladi, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DENGAN DERAJAT ASMA DAN TINGKAT KONTROL ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zabit waladi, 2014)

HUBUNGAN KEPATUHAN PENGOBATAN DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA PADA PASIEN ASMA PERSISTEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Sylvia Heriana, 2016)

HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK DENGAN TINGKAT KONTROL ASMA PADA PENDERITA ASMA DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (FADLY HARIZULHAKIM, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT KONTROL ASMA DENGAN DERAJAT BERAT ASMA PADA PASIEN ASMA RAWAT JALAN DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (IDA MULYANI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy