//

KAJIAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN FASILITAS INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DITINJAU DARI RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KOTA BANDA ACEH 2009-2029

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Armansyah - Personal Name
SubjectCITY PLANNING
SPATIAL PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

KAJIAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN FASILITAS INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DITINJAU DARI RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KOTA BANDA ACEH 2009-2029 Oleh: TEUKU ARMANSYAH NIM 1309200060049 Komisi Pembimbing: 1. Ir. Mirza Irwansyah, MBA, MLA, Ph.D 2. Dr. Ir. T. Budi Aulia, M.Ing ABSTRAK Kota Banda Aceh telah menetapkan Qanun No. 04 Tahun 2009, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banda Aceh Tahun 2009-2029. Terkait dengan peran serta masyarakat telah diatur dengan pasal 29, ayat (2). Penelitian ini bertujuan: 1). Mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelayanan fasilitas infrastruktur Pekerjaan Umum yang meliputi pelayanan transportasi, drainase, permukiman dan bangunan. 2). Mengetahui apakah faktor tingkat wawasan (X1) dan tingkat kepercayaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap partisipasi masyarakat (Y) dalam penataan ruang Kota Banda Aceh. Penelitian menggunakan metoda kombinasi yaitu analisa deskriptif dengan pengolahan data kuantitatif dengan skala Likert. Analisa dan pengolahan data tersebut menggunakan rumus regresi linier berganda. Untuk memudahkan pengolahan data digunakan program software SPSS. Hasil dari 100 orang responden yang menjawab 25 pertanyaan memberikan informasi bahwa persepsi masyarakat Kota Banda Aceh terhadap pelayanan fasilitas infrastruktur transportasi, drainase, permukiman dan bangunan adalah baik. Hasil Analisis Regresi menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat meningkat sebesar Y= 0,752 + 0,679 (X1) + 0,408 (X2). Maksudnya jika tingkat wawasan bertambah satu poin maka partisipasi meningkat sebesar 68% dan jika tingkat kepercayaan bertambah satu poin maka partisipasi meningkat sebesar 40,8 %. Perhitungan secara parsial, tingkat wawasan berpengaruh signifikan terhadap partisipasi karena T(hit X1 = 6,004) > Ttabel (1,95) dan tingkat kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap partisipasi dimana Thit (X2= 4,813) > Ttabel (1,95). Sedangkan perhitungan secara simultan, tingkat wawasan dan kepercayaan secara bersama-sama mempengaruhi partisipasi dimana F(hit X1 dan X2 = 69,62) > F(table 3,09). Untuk koefisien determinasi (R2) sebesar 0,589. Artinya adalah dari koefisien ini sumbangan relatif yang diberikan dari kombinasi variabel tingkat wawasan dan kepercayaan terhadap partisipasi masyarakat adalah sebesar 58,90 % sedangkan sisanya 41,10% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Persepsi, partisipasi, transportasi, drainase, permukiman dan bangunan, RTRW Kota Banda Aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN FASILITAS INFRASTRUKTUR PEKERJAAN UMUM DITINJAU DARI RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KOTA BANDA ACEH 2009-2029 (Teuku Armansyah, 2015)

KAJIAN PEMANFAATAN RUANG TEPI SUNGAI KRUENG ACEH KOTA BANDA ACEH (Rahmat, 2018)

PEMBERIAN IZIN PEMBANGUNAN MENARA TELEKOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TATA RUANG DI KOTA BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (AULIA AGUS MAULANA, 2016)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Mirza Arbi, 2016)

KAJIAN PENGEMBANGAN KAWASAN STRATEGIS SEKTOR PERDAGANGAN DAN JASA KOTA BANDA ACEH. STUDI KASUS : KEC. LUENG BATA (RIDHIA MAISARINA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy