//

PREFERENSI WISATAWAN TERHADAP TEMPAT WISATA DANAU LAUT TAWAR DENGAN PENDEKATAN ANALISIS KONJOIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ikram - Personal Name
SubjectECONOMIC DEVELOPMENT
ECONOMIC GROWTH
TOURIST
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Preferensi Wisatawan Terhadap Tempat Wisata Danau Laut Tawar dengan Pendekatan Analisis Konjoin Nama : Ikram NIM : 1001101020044 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Konsentrasi : Ekonomi Sumber Daya Alam Dosen Pembimbing : Nur Aidar, S.E., M.S.E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dan nilai ekonomi objek wisata Danau Laut Tawar. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konjoin. Analisis konjoin terdiri dari dua pendekatan, yaitu pendekatan atribut dan travel cost method (TCM). Pendekatan atribut digunakan untuk mengetahui preferensi wisatawan, dengan atribut yang terdiri dari jalan raya, kebersihan, layanan informasi, penginapan dan kualitas lingkungan. Sedangkan pendekatan travel cost method untuk mengetahui nilai ekonomi Danau Laut Tawar yang terdiri dari variabel biaya perjalanan, biaya waktu, persepsi responden, dan pendapatan responden. Hasil penelitian menunjukkan preferensi wisatawan memberikan penilaian lebih pada atribut layanan informasi, penginapan dan kualitas lingkungan. Sedangkan untuk atribut jalan raya, dan kebersihan disekitar Danau Laut Tawar responden memberikan penilaian yang kurang. Hasil uji eigenvalue diketahui urutan atribut yang dianggap paling penting oleh wisatawan yaitu: jalan raya, layanan informasi, kebersihan, penginapan dan kualitas lingkungan. Berdasarkan hasil regresi linear berganda diketahui bahwa hanya variabel pendapatan yang berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan. Dari penelitian ini juga diketahui nilai ekonomi objek wisata Danau Laut Tawar paling besar berasal dari daerah Aceh Utara. Peneliti menyarankan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan di sekitar Danau Laut Tawar dan juga kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan sarana maupun prasarana seperti perbaikan jalan raya, penyediaan fasilitas yang mendukung guna meningkatkan jumlah wisatawan yang mau berkunjung ke Danau Laut Tawar. Kata Kunci: Biaya perjalanan, pendekatan atribut, analisis konjoin, preferensi, nilai ekonomi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TAMAN REKREASI AIR DI DANAU LAUT TAWAR (Muslim Fernandez, 2014)

PENGARUH KUNJUNGAN WISATAWAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH TENGAH (Iwan Bicer, 2018)

PERANCANGAN HOTEL RESORT DANAU LAUT TAWAR (Miskal Tirmiara, 2017)

EKSTERNALITAS OBJEK WISATA DI KOTA BANDA ACEH STUDI KASUS: MUSEUM TSUNAMI (Ichwan , 2016)

PENGELOLAAN DANAU LUT TAWAR SEBAGAI OBJEK PARIWISATA (STUDI KASUS PADA KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH) (Fitri Wulan Dari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy