//

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS BERKUMUR DENGAN KLORHEKSIDIN 0,12% DAN AIR GARAM HANGAT 1,2% TERHADAP PENURUNAN PERDARAHAN GINGIVA (KAJIAN PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVI RAIHANI - Personal Name
SubjectGINGIVAL DISEASES-DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Perdarahan gingiva merupakan salah satu tanda dari adanya inflamasi pada jaringan gingiva. Penyebab utama dari inflamasi gingiva adalah akumulasi plak. Perdarahan gingiva dapat dicegah atau diatasi dengan meningkatkan kebersihan rongga mulut yang baik, yaitu dengan kontrol plak. Kontrol plak dapat dilakukan secara mekanis dan kimia. Kontrol plak secara mekanis dapat dilakukan dengan cara menyikat gigi, sedangkan kontrol plak secara kimia dapat dilakukan dengan pemakaian obat kumur seperti klorheksidin 0,12% dan air garam hangat 1,2%. Klorheksidin 0,12% merupakan obat kumur yang efektif terhadap bakteri gram positif dan gram negatif, dan air garam hangat 1,2% merupakan obat kumur yang mudah tersedia, murah, dan tidak mengiritasi jaringan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan efektivitas berkumur dengan klorheksidin 0,12% dan air garam hangat 1,2% terhadap penurunan perdarahan gingiva. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental klinis. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa Prodi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala yang sesuai dengan kriteria inklusi. Subjek dibagikan kuesioner dan informed consent kemudian dilakukan pemeriksaan awal perdarahan gingiva, lalu subjek diinstruksikan berkumur dengan klorheksidin 0,12% dan air garam hangat 1,2% selama 5 hari. Pada hari ke lima, subjek diperiksa kembali skor perdarahan gingivanya. Data dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil analisis statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara skor perdarahan gingiva subjek sebelum dan sesudah berkumur klorheksidin 0,12% dan air garam hangat 1,2% (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS BERKUMUR DENGAN KLORHEKSIDIN 0,12% DAN AIR GARAM HANGAT 1,2% TERHADAP PENURUNAN PERDARAHAN GINGIVA (KAJIAN PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (NOVI RAIHANI, 2015)

PERBEDAAN SKOR PLAK SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR AIR GARAM HANGAT 1,2% PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sri Wulandari, 2015)

FREKUENSI TINGKAT PERDARAHAN GINGIVA MURID SMP NEGERI 3 USIA 12-14 TAHUN KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Irva, 2015)

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN SIWAK (SALVADORA PERSICA) DAN SIKAT GIGI MANUAL TERHADAP PENURUNAN PERDARAHAN GINGIVA (STUDI PADA SISWA-SISWI KELAS VII YAYASAN PERGURUAN ISLAM BABUN NAJAH BANDA ACEH) (Nurul Aqmal, 2013)

GAMBARAN AKUMULASI PLAK MAHASISWI PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MEMAKAI RNPIRANTI ORTODONTI CEKAT RNANGKATAN 2007-2010 (Nurmasyitah Iskandar Putri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy