//

HUBUNGAN PEMAKAIAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN OBESITAS PADA IBU DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang mutia sari andayani - Personal Name
SubjectOBESITY
CONTRACEPTIVE DRUGS - HEALTH

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kontrasepsi hormonal merupakan kontrasepsi yang mengandung derivat hormon estrogen dan progesteron yang bertujuan untuk mencegah kehamilan. Salah satu efek samping pada pemakaian kontrasepsi hormonal adalah obesitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemakaian kontrasepsi hormonal dengan obesitas pada ibu. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah ibu yang memakai kontrasepsi hormonal di puskesmas Baiturrahman dan puskesmas Banda Raya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden 92 orang. Hasil penelitian ini didapatkan 72 orang mengalami obesitas dan 20 orang tidak mengalami obesitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji binomial test. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pemakaian kontrasepsi hormonal dengan obesitas pada ibu yaitu dengan nilai p 0,000 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KONTRASEPSI DEPO MEDROKSIPROGESTERON ASETAT (DMPA) DENGAN OBESITAS (Suciana, 2014)

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KONTRASEPSI DEPO MEDROKSIPROGESTERON ASETAT (DMPA) DENGAN OBESITAS (Suciana, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, PENDIDIKAN DAN AKSEPTABILITAS DENGAN PEMAKAIAN INTRA UTERINE DEVICE DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (Lia Anggraini, 2015)

DAMPAK PEMAKAIAN KONTRASEPSI HORMONAL DAN NON HORMONAL TERHADAP USIA RATA-RATA MENOPAUSE (Arinda Calvine Santoso, 2015)

HUBUNGAN UMUR, PENDIDIKAN, PENGETAHUAN, KEPATUHAN AKSEPTOR KB DAN RIWAYAT PENYAKIT LAINNYA DENGAN KEGAGALAN KONTRASEPSI HORMONAL DI PUSKESMAS KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR PERIODE OKTOBER-NOVEMBER 2012 (Ferra Yanti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy