//

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK RIMPANG KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA) TERHADAP SIKLUS ESTRUS MENCIT (MUS MUSCULUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RINI ANDRIYANI - Personal Name
SubjectMUS
TURMERIC
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Kunyit, siklus estrus, mencit Penelitian yang berjudul “Pengaruh Pemberian Ekstrak Rimpang Kunyit (Curcuma domestica) Terhadap Siklus Estrus Mencit (Mus musculus)”. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian ekstrak rimpang kunyit terhadap panjang siklus estrus mencit (Mus musculus). Penelitian ini menggunakan hewan uji sebanyak 20 ekor mencit betina fertil berumur ± 3 s/d 4 bulan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Rancangan Acak Lengkap yang diberi 4 perlakuan dengan 5 kali ulangan. Dosis ekstrak rimpang kunyit yang digunakan adalah 0 mg (kontrol); 7,5 g/ hari/ kg BB mencit; 15 g/ hari/ kg BB mencit; 30 g/ hari/ kg BB mencit dan dilarutkan dalam 0,4 ml aquabidest untuk satu kali pencekokan. Perlakuan pemberian ekstrak kunyit dilakukan setiap hari selama 30 hari, lalu dilanjutkan dengan apusan vagina selama 15 hari untuk mengamati sel epitel vagina mencit. Parameter yang diamati adalah perubahan sel epitel vagina dan panjang siklus estrus pada setiap fasenya. Data dianalisis dengan analisis varian (ANAVA) dan uji lanjut JNTD dan BNT pada taraf 5%. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa pemberian ekstrak rimpang kunyit berpengaruh terhadap panjang fase siklus estrus, yaitu mempersingkat fase proestrus dan fase estrus, serta memperpanjang fase metestrus dan fase diestrus pada mencit. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian ekstrak kunyit pada dosis 30 gram/ hari/ Kg BB mencit berpengaruh terhadap panjang fase siklus estrus.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAYA HAMBAT EKSTRAK RIMPANG KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA VAL) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS ATCC 29212 SECARA IN-VITRO (Ratika Raynasari, 2019)

PENGARUH EKSTRAK KUNYIT KUNING (CURCUMA DOMESTICA VAL.) KONSENTRASI 25% TERHADAP MOTILITAS DAN MORTALITAS CACING ASCARIDIA GALLI SECARA IN VITRO (SUCI FATHURRAHMI, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA RUMPH) TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT (MUS MUSCULUS L) RNSTRAIN SWISS (Rika Zardini, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN AIR PERASAN KUNYIT (CURCUMA LONGA LINN) TERHADAP GAMBARAN MIKROSKOPIS INFLAMASI LUKA SAYAT PADA KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS L) (Amelia Pratiwi, 2016)

PENGARUH EKSTRAK KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA) TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) YANG TERINFEKSI BAKTERI (AEROMONAS HYDROPHILA) (SYAHRUL AZWARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy