PENERAPAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENGAKTIFKAN SISWA MAN KUTA BARO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENGAKTIFKAN SISWA MAN KUTA BARO


Pengarang

Ismalita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103080013

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Metode praktikum, inkuiri, larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Praktikum Berbasis Inkuiri pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Mengaktifkan Siswa MAN Kuta Baro”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, sikap dan keterampilan siswa serta respon siswa terhadap penerapan metode praktikum berbasis inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 MAN Kuta Baro yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 86,6% dan pada pertemuan kedua aktivitas siswa mencapai 88,5% dengan kriteria sangat baik untuk setiap pertemuan. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 80,0%. Hasil penilaian kompetensi sikap dan keterampilan siswa pada setiap pertemuan sangat baik dengan persentase ketuntasan sikap untuk setiap pertemuan berturut-turut adalah 93,3 dan 100,0%, sedangkan persentase ketuntasan kompetensi keterampilan untuk setiap pertemuan berturut-turut adalah 100,0%. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran diperoleh 93,3 % siswa memberikan repon positif dan 6,7% siswa memberikan repon negatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktikum berbasis inkuiri dapat mengaktifkan siswa dan menumbuhkan sikap yang positif pada siswa sehingga hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. Repon siswa terhadap pembelajaran dengan metode praktikum berbasis inkuiri adalah positif.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK