Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENGAKTIFKAN SISWA MAN KUTA BARO
Pengarang
Ismalita - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103080013
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: Metode praktikum, inkuiri, larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Praktikum Berbasis Inkuiri pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Mengaktifkan Siswa MAN Kuta Baro”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, sikap dan keterampilan siswa serta respon siswa terhadap penerapan metode praktikum berbasis inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 MAN Kuta Baro yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 86,6% dan pada pertemuan kedua aktivitas siswa mencapai 88,5% dengan kriteria sangat baik untuk setiap pertemuan. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 80,0%. Hasil penilaian kompetensi sikap dan keterampilan siswa pada setiap pertemuan sangat baik dengan persentase ketuntasan sikap untuk setiap pertemuan berturut-turut adalah 93,3 dan 100,0%, sedangkan persentase ketuntasan kompetensi keterampilan untuk setiap pertemuan berturut-turut adalah 100,0%. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran diperoleh 93,3 % siswa memberikan repon positif dan 6,7% siswa memberikan repon negatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktikum berbasis inkuiri dapat mengaktifkan siswa dan menumbuhkan sikap yang positif pada siswa sehingga hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. Repon siswa terhadap pembelajaran dengan metode praktikum berbasis inkuiri adalah positif.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMAN 1 PEUKAN BARO PIDIE (Nurhalimah, 2015)
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP JAMUR (FUNGI) PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yuna Putri Berkah, 2016)
PENGEMBANGAN BULETIN DIGITAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK SISWA KELAS X SMAN 1 PEUKAN BARO (PUTRI BALQIS NURFADHILLAH, 2022)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI IA MAN KUTA BARO (MARZALENA, 2015)
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Putri Dewi Septiani, 2018)