//

DODAIDI BELA NANGGROE DI DESA GEULUMBUK KECAMATAN KLUET SELATAN KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROMI RAHMA YADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: syair, nilai-nilai, dodaidi Penelitian ini berjudul “ Dodaidi Bela Nanggroe di Desa Geulumbuk Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan”.Mengangkat masalah bagaimanakah dodaidi bela nanggroe dan nilai-nilai apa sajakah yang terdapat pada syair dodaidi bela nanggroe di desa Geulumbuk kecamatan Kluet Selatan kabupaten Aceh Selatan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dodaidi bela nanggroe di desa Geulumbuk Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan dan lebih dikhususkan pada desa Geulumbuk.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Sesuai dengan metode penelitian yang peneliti gunakan, dan dari hasil wawancara dan observasi, menunjukkan bahwa dodaidi bela Nanggroe yang dilantunkan ibu-ibu di desa Geulumbuk terdiri dari syair, vokal, irama dan properti. Syair dan irama yang digunakan bersifat bebas. Maksudnya adalah setiap ibu pasti melantunkan syair dan irama yang berbeda-beda ketika menidurkan anaknya. Ini tergantung pada pesan yang ingin disampaikan seorang ibu kepada anaknya. Adapun nilai-nilai yang terkandung di dalam dodaidi bela nanggroe diantaranya adalah: nilai pendidikan takzim, meliputi: menghormati orang tua dan menuruti nasihat orang tua, nilai tanggung jawab dan pekerjaan, meliputi: berjihad membela bangsa dan negara serta agama dan meraih cita-cita, dan nilai pendidikan sosial kemasyarakatan, meliputi suka menolong dan pemimpin yang adil.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN KECAMATAN KLUET TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN PASCA PEMEKARAN TAHUN 2003-2012 (ASMA AINI, 2018)

PEMBINAAN KARAKTER PEMUDA OLEH TOKOH MASYARAKAT DESA SUAQ BAKONG KECAMATAN KLUET SELATAN KABUPATEN ACEH SELATAN (RIZKI FEBRIADI, 2014)

TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP KEPALA DAERAH TERPILIH DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2013 (STUDI KASUS DI KECAMATAN KLUET SELATAN) (AGUS ARISMAN HARDI, 2013)

PENETAPAN MAHAR BAGI PEREMPUAN DI DESA KAMPUNG PAYA, KECAMATAN KLUET UTARA, KABUPATEN ACEH SELATAN (RIDA ALFIDA, 2016)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAN PERTAMBANGAN EMAS DI KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN (Ayu Risma Putri, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy