//

PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DESY ASMARA - Personal Name
SubjectWASTE MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Pengelolaan Sampah di Kota Banda Aceh Nama : Desy Asmara NIM : 1101101010015 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Muhammad Ilhamsyah Siregar, S.E., M.A Konsentrasi : Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pemerintah Kota Banda Aceh bersedia bekerjasama atau menyerahkan pengelolaan sampah dari hulu ke hilir kepada pihak swasta.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden, yang selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan secara kualitatif.Terdapat dua kalangan responden dalam penelitian ini, yaitu kalangan pemerintah dan kalangan akademisi.Responden dari kalangan pemerintah adalah Eselon III dan IV serta beberapa orang staf pada Dinas Kebersihan Dan Keindahan Kota Banda Aceh dan Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah yang masing-masing berjumlah 10 orang, sehingga totalnya 20 responden.Sedangkan responden dari kalangan akademisi berjumlah 10 orang. Total responden yang diambil adalah 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, responden dari kalangan pemerintah sebanyak 35 persen menjawab setuju , 20 persen menjawab sangat setuju, dan 20 persen menjawab agak setuju jika melibatkan swasta dalam pengelolaan sampah di Kota Banda Aceh., hanya 15 persen saja responden yang kurang setuju. Sedangkan responden dari kalangan akademisi menjawab sangat setuju sebanyak 40 persen dan sangat setuju juga sebesar 40 persen, sedangkan yang kurang setuju hanya 10 persen. Sedangkan jika seandainya pengelolaan sampah dari hulu ke hilir diserahkan kepada swasta, maka sebagian besar responden dari kedua kalangan tersebut juga menjawab setuju. Namun apabila dikatakan bahwa pengelolaan sampah dari hulu ke hilir diserahkan kepada swasta, sehingga pemerintah hanya menyediakan anggaran dan retribusi saja sedangkan pelaksanaan seluruhnya merupakan tugas dari swasta, maka responden dari kalangan pemerintah paling banyak memilih jawaban kurang setuju, yaitu sebanyak 40 persen. Sedangkan sebagian besar responden kalangan akademisi menjawab setuju, hanya 10 persen saja yang kurang setuju. Dari total seluruh responden yang menjawab kurang setuju, sebesar 66,6 persennya merupakan responden dari kalangan pemerintah, yaitu Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh. Kata Kunci : Pengelolaan Sampah, Kerjasama Pemerintah-Swasta,Deskriptif Kualitatif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREFERENSI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BANK SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH (RIFATUL YUNA, 2020)

TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (TEUKU M HAFIZH, 2018)

WILLINGNESS TO PAY PENGELOLAAN BANK SAMPAH DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Hayatun Rahmi, 2016)

PENGARUH STATUS EKONOMI TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG GEUCE INEUM KOTA BANDA ACEH (DELSAN MAULANA, 2019)

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN KOTA BANDA ACEH DALAM MENYEBARKAN INFORMASI PENANGGULANGAN SAMPAH PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH (MASNIDAR, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy