//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI PLANTAE (LUMUT) DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVIANA - Personal Name
SubjectMOTIVATION
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization), Hasil Belajar dan motivasi belajar siswa, Materi Lumut Telah dilakukan penelitian yang berjudul Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi plantae (lumut) di SMA Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi Plantae (Lumut) di SMA Negeri 1 Banda Aceh. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dan kualitatif, dan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Banda Aceh terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 148 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional (ceramah dan diskusi). Parameter dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diukur dengan test dan motivasi siswa yang dikumpulkan dengan angket. Pengolahan data dilakukan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 76,17 dan kelas eksperimen yaitu 81,55. Hasil Uji-t diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 8.91 > 1,67, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar dan motivasi siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TIPE LEARNING TOGETHER PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR. (Zia Ludhfi, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMAN 6 BANDA ACEH (DYAH NURSINA, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ria Purnama Sari, 2018)

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Devita Fadillah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy