//

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DERAJAT KESEHATAN DI PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN KORELASI KANONIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RESTU DEVIYANTI - Personal Name
SubjectSTATISTICAL MATHEMATICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahua
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Sektor penting yang memberikan kontribusi dalam indikator kesejahteraan masyarakat adalah sektor kesehatan. Indikator utama derajat kesehatan adalah angka kematian bayi, angka harapan hidup, dan status gizi buruk. Empat faktor utama yang dapat mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat yaitu faktor lingkungan, perilaku manusia, pelayanan kesehatan, dan keturunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aspek lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan terhadap derajat kesehatan di provinsi Aceh. Data yang digunakan adalah data sekunder tahun 2012 yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan profil Dinas Kesehatan provinsi Aceh dengan metode analisis korelasi kanonik. Berdasarkan hasil penelitian, koefisien korelasi kanonik antara peubah bebas terhadap peubah tak bebas sebesar 0.923. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang erat antara faktor lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan terhadap derajat kesehatan. Derajat kesehatan didominasi oleh angka harapan hidup dan status gizi buruk. Faktor lingkungan dan perilaku didominasi oleh sumber air minum ledeng/isi ulang/air kemasan, jumlah posyandu aktif, dan jumlah bayi yang diberi ASI eksklusif. Setiap meningkatnya sumber air minum ledeng/isi ulang/air kemasan, jumlah posyandu aktif, dan jumlah bayi yang diberi ASI eksklusif maka angka harapan hidup juga akan meningkat begitu pula sebaliknya gizi buruk akan menurun. Angka kematian bayi yang sangat tinggi di kabupaten Pidie sedangkan gizi buruk tertinggi yaitu kabupaten Aceh Besar. Faktor lingkungan yang tergolong sangat tinggi yaitu kota Banda Aceh. Faktor perilaku yang tergolong sangat rendah yaitu kabupaten Aceh Tenggara. Faktor pelayanan kesehatan yang tergolong sangat rendah yaitu kabupaten Nagan Raya. Kata kunci: Derajat Kesehatan, Faktor Lingkungan, Perilaku, Pelayanan Kesehatan, Korelasi Kanonik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS HUBUNGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ACEH (APBA) TERHADAP INDIKATOR KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN ANALISIS KORELASI KANONIK (NOVIA PUCHA AUDYA, 2019)

PEMODELAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA 2013 MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING-PARTIAL LEAST SQUARE (SEM-PLS) (Ilham Farahmi, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER DENGAN DERAJAT MEROKOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (LINTA RIZEKA, 2021)

PILIHAN TEMPAT PERSALINAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHINYA DI KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI ACEH (M. Ilham Koesman, 2018)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SUB SEKTOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (Muji burrahmat, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy