//

PENGARUH EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP DURASI PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Randa Nisrina - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
RATS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Perdarahan merupakan salah satu komplikasi yang umumnya dapat terjadi pada prosedur dental seperti ekstraksi gigi atau prosedur bedah. Buah pepaya (Carica papaya L.) memiliki aktivitas farmakologis seperti antibakteri, antifungal, antiinflamasi, antimalaria, antihelmintik, dan juga sebagai antifertilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak buah pepaya (Carica papaya L.) terhadap durasi perdarahan tikus Wistar (Rattus norvegicus). Penelitian eksperimental laboratoris ini menggunakan 10 ekor tikus Wistar (Rattus norvegicus) jantan dengan berat rata-rata 200-300 gram dan usia 8-12 minggu yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 5 ekor pada kelompok kontrol yang diberi perlakuan akuades setelah dibuat perlukaan pada ekor tikus dan 5 ekor pada kelompok perlakuan yang diberi ekstrak buah pepaya (Carica papaya L.). Durasi perdarahan diukur dengan menggunakan chronometer (Q&Q 1/100 Chrono) dimulai dari detik terjadinya perdarahan sampai darah berhenti keluar dari luka ekor tikus. Hasil pengukuran rerata durasi perdarahan pada kelompok kontrol adalah 75,4 detik sedangkan kelompok perlakuan 41,2 detik. Hasil uji statistik T tidak berpasangan menunjukkan ekstrak buah pepaya berpengaruh secara bermakna dengan nilai signifikansi p=0,001 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP WAKTU PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) (Dara Elvia Rahayu Sukma, 2015)

PENGARUH EKSTRAK BUAH RIMBANG (SOLANUM TORVUM) TERHADAP DURASI PERDARAHAN PADA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN (Nilam Suryani, 2016)

PENGARUH EKSTRAK DAUN UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) TERHADAP WAKTU PERDARAHAN TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN (DARA AFAZA, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA LINN) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Gustiyani, 2014)

APLIKASI EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BLEACHING ALAMI DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS PADA EMAIL GIGI (FLORENCIA LISADI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy