//

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK JENIS HEAT CURE DALAM MINUMAN KOPI ULEE KARENG (COFFEA ROBUSTA) TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANDI YUSUF DAULAY - Personal Name
SubjectDENTURES - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Perubahan dimensi resin akrilik jenis heat cure merupakan kondisi ekspansi material yang dapat disebabkan karena penyerapan cairan. Penyerapan cairan dapat dipengaruhi oleh media dan durasi perendaman. Media perendaman yang bersifat asam seperti kopi dapat menyebabkan erosi dan menurunkan tegangan permukaan material resin akrilik sehingga memudahkan penetrasi molekul cairan ke dalam material tersebut yang berpengaruh terhadap perubahan dimensi. Semakin meningkat durasi perendaman maka perubahan dimensi semakin besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh durasi perendaman resin akrilik jenis heat cure dalam minuman kopi Ulee Kareng selama 1,3,5 dan 7 hari terhadap perubahan dimensi. Penelitian ini menggunakan 15 spesimen resin akrilik jenis heat cure (merek Meliodent, diameter =50 ± 1 mm dan tebal = 0,5 ± 0,1 mm) yaitu 10 spesimen direndam dalam kopi Ulee Kareng dan 5 spesimen dalam akuades. Perendaman dilakukan selama 1,3,5 dan 7 hari dan larutan perendamannya diganti setiap hari. Penelitian ini merupakan eksperimental laboratoris dengan menggunakan neraca analitik digital dan jangka sorong digital untuk mengukur perubahan dimensi pada spesimen resin akrilik jenis heat cure. Analisis ANOVA menunjukkan ada pengaruh perendaman resin akrilik jenis heat cure dalam minuman kopi Ulee Kareng terhadap perubahan dimensi (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PERUBAHAN DIMENSI ANTARA RESIN AKRILIK HEAT CURED DAN TERMOPLASTIK NILON SETELAH PERENDAMAN DALAM LARUTAN KOPI ULEE KARENG ROBUSTA (COFFEA ROBUSTA ) (putri binangsri barus, 2016)

PERBANDINGAN STABILITAS WARNA BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DAN TERMOPLASTIK NILON SETELAH PERENDAMAN DALAM MINUMAN KOPI ULEE KARENG (deri juanda, 2015)

STUDI KEKUATAN FLEKSURAL ANTARA RESIN AKRILIK HEAT CURED DAN TERMOPLASTIK NILON SETELAH DIRENDAM DALAM MINUMAN KOPI ULEE KARENG (COFFEA ROBUSTA) (MILLATI HANIFA, 2016)

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) 35 % TERHADAP RNPERUBAHAN DIMENSI (Jamal Wahdi, 2014)

PENGARUH PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM MINUMAN TEH HERBAL TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI (Rekha Masturah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy