//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Isna Maulisa - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas siswa, sikap siswa, keterampilan siswa, dan tanggapan siswa melalui penerapan model pembelajaran CIRC pada materi unsur, senyawa, dan campuran di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu kelas X Busana1 yang jumlah siswa sebanyak 30 orang, subjek ini berdasarkan hasil rekomendasi dari guru bidang studi kimia. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui post test, observasi aktivitas, sikap, keterampilan dan angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus persentase. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2014 pertemuan pertama dan 29 November 2014 pertemuan kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan pertama 73,33% dan pertemuan kedua menjadi 90,00%. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama 72,00% dan pertemuan kedua menjadi 95,00%. Hasil observasi sikap pada pertemuan pertama 73,75% dan pertemuan kedua menjadi 94,75%. Hasil observasi keterampilan pada pertemuan pertama 62,73% dan pertemuan kedua menjadi 75,00%. Hasil tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC pada materi unsur, senyawa, dan campuran yang memberikan positif 98,34%, sedangkan siswa yang memberikan tanggapan negatif 1,66%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran CIRC pada materi unsur, senyawa, dan campuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, sikap sosial, dan keterampilan siswa dalam belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT (AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMP NEGERI 1 MUARA BATU, NORTH ACEH) (Zahratul Idami, 2014)

THE USE OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL (AN EXPERIMANTAL STUDY AT THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMPN 2 BANDA ACEH) (Nanda Marlina AS, 2014)

THE USE OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) IN IMPROVING LEARNER’S READING AND WRITING ABILITIES (AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMA N 9 BANDA ACEH) (PRAWIRDA ANGGA KESUMA, 2015)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIPADU MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA N 5 BANDA ACEH (Resva Diany, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Ita Juliana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy