//

PENERAPAN METODE RESITASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA KONSEP IKATAN KIMIA KELAS X DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmani. N - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
BEHAVIOR - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Resitasi dengan Pendekatan Saintifik terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Konsep Ikatan Kimia Kelas X di SMA Negeri 11 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas, sikap dan tanggapan siswa setelah pembelajaran materi ikatan kimia melalui metode resitasi dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X IPA-3 yang berjumlah 28 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis, observasi dan angket. Lembar resitasi dan soal pos tes digunakan untuk melihat hasil belajar, lembar aktivitas digunakan untuk mengukur tingkat keaktifan siswa, lembar sikap untuk melihat sikap sosial siswa dan angket disebarkan kepada siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Soal tes terlebih dahulu dilakukan analisis soal secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji reliabilitas diperoleh sebesar 0,87, menunjukkan bahwa instrumen tersebut tingkat reliabilitasnya sangat baik. Hasil penelitian diperoleh bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 85,71%. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 91,20% dan pada pertemuan kedua sebesar 96,20% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi sikap siswa pada pertemuan pertama termasuk kedalam kategori cukup dengan perolehan rerata nilai 2,98, sedangkan pada pertemuan kedua sikap siswa meningkat dengan perolehan rerata nilai 3,51, sehingga termasuk kedalam kategori sangat baik. Skor yang diperoleh dari hasil tanggapan siswa yaitu 78,28 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi dengan pendekatan saintifik pada materi ikatan kimia dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan metode resitasi dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN SRTATEGI PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA MINDJET MINDMANAGER DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Rahmidar Purnama Sari, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS X DI SMAN 1 UNGGUL BAITUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Rahmiati Fitri, 2015)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Rifka Nadia, 2016)

PENARAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 2 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Asmarida, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Ferghana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy