//

HUBUNGAN PEMELIHARAAN STETOSKOP TERHADAP TINGKAT KONTAMINASI BAKTERI PADA DIAFRAGMA STETOSKOP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azita Aliya Putri - Personal Name
SubjectSTETHOSCOPES - USE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Stetoskop merupakan alat yang paling sering digunakan oleh dokter yang mampu membawa organisme infeksius karena ada beberapa mikroorganisme yang mampu hidup di benda mati dengan waktu yang lama. Tidak hanya bertahan hidup saja, mikroorganisme tersebut dapat berpindah ke kulit pasien sewaktu pemeriksaan dilakukan sehingga dapat menyebabkan infeksi nosokomial. Oleh karena itu pemeliharaan stetoskop secara baik dapat mengurangi tingkat kontaminasi pada diafragma stetoskop. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemeliharaan stetoskop terhadap tingkat kontaminasi pada diafragma stetoskop di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional yang dilakukan pada bulan Maret 2015. Sampel berjumlah 86 dengan teknik pengambilan sampel secara proportional random sampling. Pemeliharaan stetoskop diperoleh melalui kuesioner kemudian diafragma stetoskop responden dilakukan swab dengan kapas lidi steril yang dibasahi oleh normal saline, kemudian hasil swab dibawa ke laboratorium untuk di kultur dan dihitung koloninya. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square dengan interval kepercayaan 90% dan nilai α = 0,1. Hasil penelitian didapatkan 50 responden dengan pemeliharaan stetoskop buruk memiliki tingkat kontaminasi yang tinggi dan 31 responden yang melakukan pemeliharaan stetoskop secara baik memiliki tingkat kontaminasi rendah. Hasil yang didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara pemeliharaan stetoskop dengan tingkat kontaminasi bakteri pada diafragma stetoskop ( p-value = 0,001) dan RP 8,3 ). Hal ini menunjukkan bahwa seseorang dengan pemeliharaan stetoskop yang buruk memiliki risiko 8,3 kali memiliki tingkat kontaminasi yang tinggi. Kata Kunci: Stetoskop, pemeliharaan stetoskop, kontaminasi bakteri

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BAKTERIOLOGI SUSU KAMBING (Muhammad Ridho, 2014)

PENGARUH SUHU PEMELIHARAAN IKAN DAN MASA SIMPAN DAGING IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) PADA PENYIMPANAN SUHU -20°C TERHADAP JUMLAH TOTAL BAKTERI (Nurdiani Muliana Sitakar, 2015)

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN TEKANAN DARAH SISTOLIK PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Sitti Maziyyah Aini, 2016)

DETEKSI CEMARAN SALMONELLA SP. PADA SUSU KEFIR HOME INDUSTRY DI KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (RAHMADELA, 2021)

TOTAL KONTAMINASI SALMONELLA SP PADA PERALATAN PEMOTONGAN UNGGAS DI PASAR LAMNYONG (Riza Maulita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy