//

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nuficha Rahmaningsih - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktifitas dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi asam basa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek ditentukan dengan metode purposive sampling, yaitu siswa kelas XI-IPA 4 SMAN 7 Banda Aceh yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis, observasi dan angket. Instrumen tes yang digunakan dilakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus product moment dan rumus spearman brown. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 78%. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 80% dan pada pertemuan kedua sebesar 85% meningkat dari kategori baik menjadi sangat baik. Siswa yang memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran LC-5E sebesar 86,16% dan siswa yang memberikan respon negatif sebesar 13,84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran LC-5E pada materi asam basa diperoleh hasil belajar siswa tuntas dan aktifitas pertemuan pertama baik dan pertemuan kedua sangat baik . Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran LC-5E adalah positif, sehingga disarankan agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Nuficha Rahmaningsih, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 7 BANDA ACEH (Vera Dewi Fajrina, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

PENGGUNAAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Mutia Ulfia, 2015)

PENGGUNAAN INDIKATOR ALAMI UNTUK PENENTUAN PH LARUTAN ASAM BASA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Nevi Geubrina Utama, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy