//

PENGARUH ASAM SUNTI BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MULYAYUNINA RAHMAH - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
ORAL HYGIENE - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteraan Gigi
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Mulyayunina Rahmah Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Asam Sunti Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi) Terhadap Pertumbuhan Candida albicans. Kandidiasis oral adalah infeksi superfisial pada mulut yang disebabkan oleh jamur dari jenis Kandida. Candida albicans merupakan yang paling patogen dari semua spesies Kandida dan merupakan etiologi utama kandidiasis oral. Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) memiliki beberapa kandungan kimia yang bersifat antijamur dan memiliki nilai pH rendah. Di Aceh belimbing wuluh diolah menjadi asam sunti untuk bumbu masakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asam sunti terhadap pertumbuhan C. albicans. Candida albicans yang telah dikultur di media SDA, diidentifikasi kemudian dilakukan uji pengaruh dengan perasan asam sunti, inkubasi selama 18-48 jam pada suhu 370 C, lalu pertumbuhan koloni C. albicans dihitung menggunakan colony counter. Data dianalisis menggunakan ANAVA, yang dilanjutkan dengan dilanjutkan dengan uji Least Significance Difference (LSD) dengan p < 0.05 . Pertumbuhan koloni terendah diperoleh pada konsentrasi 100% dengan pH 1, sedangkan pertumbuhan koloni terbanyak diperoleh pada konsentrasi 0% dengan pH 8. Hasil LSD menunjukkan konsentrasi 0% memiliki perbedaan bermakna dengan konsentrasi 6.25%, 12.5%, 25%, 50%, dan 100%. Walaupun demikian, tidak terdapat perbedaan signifikan antara konsentrasi 6.25%, 12.5%, 25%, 50%, dan 100%, hal ini disebabkan oleh ion kasium yang terkandung di dalam asam sunti. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa asam sunti dapat mempengaruhi pertumbuhan C. albicans. Kata Kunci : Candida albicans, asam sunti, belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL PENGERING BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L) MENGGUNAKAN KOLEKTOR SURYA PELAT DATAR KACA GANDA (Fakhrurrazi, 2016)

PERBANDINGAN EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L.) DAN EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (IASA RIZKY AMALIA, 2016)

PENGARUH EKSTRAK BUAH BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) TERHADAP INTERAKSI STREPTOCOCCUS SANGUINIS DAN STREPTOCOCCUS MUTANS SECARA IN VITRO (Iga Kumala Sari, 2016)

KARAKTERISTIK NILAI KEKERASAN EMAIL YANG DIAPLIKASIKAN AIR ASAM SUNTI (AVERRHOA BILIMBI L) (Rachwina Yasika Fadillah , 2015)

PENGERINGAN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) DENGAN ALAT PENGERING ENERGI SURYA UNTUK PRODUKSI ASAM SUNTI (M Reza Fahlefi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy