//

PENGARUH MINUMAN BERKARBONASI TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANOPARTIKEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI RAMDHANI - Personal Name
SubjectDENTAL RESTORATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteraan Gigi
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Putri Ramdhani Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Minuman Berkarbonasi Terhadap Perubahan Warna Resin Komposit Nanopartikel Latar Belakang : Resin komposit nanopartikel memiliki kemampuan menyerap air dan zat warna yang rendah, akan tetapi kandungan matriks hidrofiliknya menyebabkan resin komposit masih dapat berubah warna bila direndam dalam minuman berwarna seperti kopi, teh, jus anggur dan minuman berkarbonasi.1 Tujuan : untuk mengetahui pengaruh minuman berkarbonasi terhadap perubahan warna resin komposit nanopartikel, dan untuk mengetahui pengaruh durasi perendaman dalam minuman berkarbonasi terhadap tingkat perubahan warna resin komposit nanopartikel yang direndam selama 1 dan 3 hari. Metode : Dua puluh empat spesimen dengan diameter 5 mm dan ketebalan 2 mm dipisahkan menjadi 3 kelompok, yaitu untuk perendaman dalam minuman Fanta, Coca Cola dan Pepsi Blue. Masing-masing kelompok yang terdiri dari 8 spesimen, dibagi menjadi 2 bagian (n=4) untuk perendaman selama 1 dan 3 hari. Setiap spesimen direndam dengan 5 ml minuman Fanta, Coca Cola dan Pepsi Blue dan setiap hari diganti minumannya. Perubahan warna (ΔE) diukur dengan menentukan nilai L*a*b* tiap spesimen melalui program Adope Photoshop, lalu di analisis menggunakan uji oneway ANOVA dan uji-T berpasangan. Hasil: Uji oneway ANOVA menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari ketiga minuman berkarbonasi terhadap perubahan warna resin komposit nanopartikel (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MINUMAN BERKARBONASI TERHADAP PERUBAHAN WARNA PADA ELEMEN GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK (MUHAMMAD AKBAR, 2019)

PENGARUH MINUMAN KOPI ULEE KARENG TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANOPARTIKEL DENGAN PEMOLESAN SEGERA DAN DITUNDA (RIA YULIANI, 2015)

PENGARUH PAPARAN LARUTAN TEH HIJAU DAN TEH HITAM TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANOPARTIKEL (Kartini, 2015)

PERBEDAAN PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL SETELAH DIRENDAM DALAM TEH ROSELA DAN TEH HITAM (ELIZA, 2016)

PENGARUH DURASI PERENDAMAN MINUMAN TEH ROSELA KELOPAK MERAH (HIBISCUS SABDARIFFA) TERHADAP PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL (Cut Nurul Khairi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy