PENGARUH METODE SIMULASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA BUMI DI SD ULEE PAYA PULO BREUH RNACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH METODE SIMULASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA BUMI DI SD ULEE PAYA PULO BREUH RNACEH BESAR


Pengarang

POCUT ZAIRIANA FINZIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200140048

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Ilmu Kebencanaan (S2) / PDDIKTI : 61104

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Magister Ilmu Kebencanaan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

303.485

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian dengan judul “Pengaruh Metode Simulasi Pengurangan Risiko Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Ancaman Bencana Gempa Bumi di SDN Ulee Paya Pulo Breuh Aceh Besar” bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode simulasi pengurangan risiko bencana terhadap kesiapsiagaan siswa sekolah dasar Ulee Paya dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi melalui praktek simulasi gempa bumi. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dan VI SDN Ulee Paya Pulo Breuh Aceh Besar sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Instrument tes berupa pretest dan posttest tentang pengetahuan kesiapsiagaan siswa dan instrument angket berupa pertanyaan tentang sikap dan tindakan kesiapsiagaan siswa. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi pengurangan risiko bencana dapat membantu meningkatkan kesiapsiagaan siswa Sekolah Dasar Negeri Ulee Paya dalam menghadapi ancaman bencana gempa bumi. Hal ini dibuktikan oleh tingkat pengetahuan yang signifikan P

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK