//

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL GEOGRAFIRNBUATAN GURU KELAS XI SEMESTER II MAN INDRAPURI ACEH BESARRNTAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Faizan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: validitas, reliabilitas, butir soal Evaluasi hasil belajar merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pengajaran. Evaluasi memegang peranan penting, yaitu untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan suatu program yang dijalankan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penyebab rendahnya nilai siswa bukan hanya pada penguasaan materi ajar, akan tetapi ada juga pengaruh dari ketepatan tes hasil pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakan suatu analisis terhadap tes yang dilakukan agar diketahui letak kesalahan dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini berkaitan dengan validitas dan reliabilitas butir soal geografi buatan guru.Validitas adalah ketepatan antara yang hendak diukur dengan alat pengukurnya, sedangkan reliabilitas adalah ketetapan terhadap suatu pengukuran. Penelitian ini diadakan di MAN Indrapuri Aceh Besar. Penelitian ini berjudul “Analisis Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Geografi Buatan Guru Kelas XI Semester II MAN Indrapuri Aceh Besar”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas butir soal ujian Geografi semester II. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu dengan mengumpulkan lembaran jawaban siswa sebagai data. Populasi dalam penelitian ini adalah lembar jawaban siswa Kelas XI MAN Indrapuri Aceh Besar , sedangkan sampelnya adalah lembaran jawaban siswa Kelas XI Ips yang berjumlah 33 lembar. Soalnya memiliki 20 item bentuk pilihan ganda dan 5 item bentuk uraian. Setelah melakukan olah data, maka menghasilkan kesimpulan bahwa, untuk soal bentuk pilihan ganda terdapat 13(65%) butir soal tergolong valid dan 7(35%) butir soal tergolong tidak valid, sedangkan reliabilitasnya tergolong memiliki reliabilitas yang tinggi (reliabel) untuk soal tes pilihan ganda yaitu 0,73. Sedangkan untuk soal bentuk uraian dari 5 butir soal terdapat 3(60%) butir soal tergolong valid dan 2(40%) butir soal tidak valid , serta reliabilitasnya belum memiliki reliabilitas yang tinggi (tidak reliabel) yaitu 0,17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan perangkat tes ujian akhir semester genap mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di MAN Indrapuri Aceh Besar tahun pelajaran 2013/2014 belum sepenuhnya memenuhi kriteria sebagai alat ukur yang baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL GEOGRAFIRNBUATAN GURU KELAS XI SEMESTER II MAN INDRAPURI ACEH BESARRNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (M. Faizan, 2015)

VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL SISWA KELAS X SMA NEGERI KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (FAISAL, 2014)

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL PELAJARAN EKONOMI PADA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012 (herman, 2014)

KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (CUT SULVIA HUSNA, 2018)

ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA SEMESTER GANJIL PADA KELAS IX SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Novia Riski, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy