//

PENGARUH SUB SEKTOR PERIKANAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DINA MASTURINA ACHYAR - Personal Name
SubjectECONOMIC GROWTH
FISHERIES - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Pengaruh Sub Sektor Perikanan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Nama : Dina Masturina Achyar NIM : 1101101010094 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Abd. Jamal, S.E., M.Si. Konsentrasi : Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh fungsi produksi sub sektor perikanan Indonesia dan menganalisis pertumbuhan ekonomi sub sektor perikanan Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time-series dari tahun 1991-2011. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Coub-Douglas dan model Semi-Log. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel modal fisik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada tingkat kesalahan lima persen terhadap output perikanan, sedangkan pada variabel tenaga kerja, memiliki hasil yang positif dan signifikan pada tingkat kesalahan 10 persen. Hal ini mengindikasikan bahwa pada penelitian fungsi produksi perikanan, modal fisik memiliki pengaruh yang lebih besar dalam meningkatkan jumlah output dibandingkan dengan tenaga kerja. Selanjutnya pada estimasi pertumbuhan ekonomi sub sektor perikanan, hasil yang diperoleh adalah variabel perubahan produksi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada tingkat kesalahan lima persen terhadap perubahan pertumbuhan ekonomi sub sektor perikanan, sedangkan pada variabel perubahan ekspor neto, memiliki hasil yang positif namun tidak signifikan. Hal ini menandakan bahwa pada perikanan tangkap Indonesia, hasil yang diperoleh hanya mampu mencukupi permintaan dalam negeri saja. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan agar penggunaan tenaga kerja pada sub sektor perikanan seharusnya lebih ditingkatkan produktivitasnya, sehingga tidak terjadi peningkatan jumlah pengangguran dimasa yang akan datang dan pemakaian modal fisik yang berpengaruh terhadap output perikanan sebaiknya diikuti dengan pembaharuan teknologi yang semakin baik, sehingga akan menjadi lebih efisien. Kata Kunci : Sub Sektor Perikanan, Fungsi Produksi, Modal Fisik, Tenaga Kerja, Ekspor Neto.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI PDRB SUB SEKTOR PERIKANAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH TIMUR (FITRAH MAULANA BATU BARA, 2018)

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (T Syarifuddin, 2018)

KAUSALITAS DAN KOINTEGRASI PERTUMBUHAN EKONOMI DENGAN PREVALENSI STUNTING DI INDONESIA (RIDHA MULIA NANDA, 2020)

PENGARUH INVESTASI PUBLIK DAN INVESTASI SWASTA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (Ahlul Hafriandi, 2018)

PENGARUH INVESTASI INFRASTRUKTUR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (AHMAD TAUFIK YAHYA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy