//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN KUIS YANG DISERTAI PRESENTASI PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kurpramita - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
STUDY METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : ketuntasan belajar, kuis diakhir pembelajaran, presentasi, bilangan bulat Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pemberian kuis yang disertai presentasi pada materi bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 4 Banda Aceh. Hasil belajar adalah keberhasilan yang dapat dicapai setiap siswa dalam proses belajar. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan pemberian kuis yang disertai presentasi selama 20 menit sebelum jam pelajaran berakhir. Kuis bertujuan untuk menumbuhkan motivasi dan memberikan semangat siswa dalam belajar, sedangkan presentasi akan lebih memicu dan merangsang siswa untuk aktif. Hasil belajar dalam penelitian ini dilihat dari ketuntasan belajar siswa baik secara individu maupun klasikal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kualitatif dengan desain one-shot case study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 semester ganjil SMP Negeri 4 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa, tetapi pada saat peneliti memberikan tes yang hadir hanya 28 siswa.. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diakhir setelah pembelajaran semua materi bilangan bulat selesai, soal yang diberikan berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Teknik yang digunakan dalam pengolahan data penelitian ini adalah persentase. Berdasarkan pengolahan data diperoleh bahwa hasil belajar siswa melalui pemberian kuis yang disertai presentasi pada materi bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 4 Banda Aceh mencapai ketuntasan belajar secara individu hanya 75%, sehingga secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Penyebab tidak tuntas hasil belajar berdasarkan pengamatan peneliti melalui lembaran jawaban siswa yaitu kesalahan siswa dalam berhitung dan kurangnya pemahaman konsep operasi hitung pada penggunaan tanda dari bilangan bulat (khususnya bilangan negatif). vii

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Muhibbul Khairi, 2015)

PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2017/2018 (IMAS PUTRI ALFIANI, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 56 BANDA ACEH (Nuril Khalis Rizal, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Dahliana, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT RNKELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH (meutia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy