//

TINGKAT KESAMAAN FILUM ECHINODERMATA PADA TIGA STASIUN YANG BERBEDA DI PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KIKI LESTARI - Personal Name
SubjectECHINODERMATA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Tingkat Kesamaan, Deskripsi, Echinodermata, Pantai Lhok Kruet. Perairan Pantai Lhok Kruet kaya akan biota-biota laut diantaranya adalah Filum Echinodermata. Data tingkat kesamaan Filum Echinodermata sangat diperlukan sebagai database keanekaragaman hayati, sehingga perlu dilakukan penelitian tentang “Tingkat Kesamaan Filum Echinodermata pada Tiga Stasiun yang Berbeda Di Pantai Lhok Kruet Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar”. Pengambilan data telah dilaksanakan pada tanggal 15 September 2014 s.d 27 September 2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kesamaan spesies Filum Echinodermata pada tiga stasiun yang berbeda di Pantai Lhok Kruet Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar dan (2) Untuk mendeskripsikan masing-masing spesies dari Filum Echinodermata di Pantai Lhok Kruet Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode survey. Penentuan stasiun dan plot pengamatan dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Tempat penelitian dibagi kedalam tiga stasiun pengamatan berdasarkan karakteristik substrat yang berbeda. Analisis data menggunakan rumus Indeks Similarity Sorensen. Hasil yang diperoleh adalah tingkat kesamaan spesies Echinodermata antara stasiun I dengan stasiun II adalah 77,41%, Stasiun I dengan stasiun III adalah 74,07%, dan stasiun II dengan stasiun III adalah 80%. Kesimpulan penelitian adalah (1) Tingkat kesamaan spesies dari Filum Echinodermata di Pantai Lhok Kruet antara stasiun I dengan II dan antara stasiun II dengan III adalah tinggi, sedangkan antara stasiun I dengan III adalah sedang (2) Semua spesies dari Filum Echinodermata yang terdapat di Pantai Lhok Kruet Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar dapat dideskripsikan berdasarkan morfologinya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESKRIPSI MORFOLOGI DAN POLA DISTRIBUSI SPASIAL DARI FILUM ECHINODERMATA DI PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Mawaddah, 2014)

DOMINANSI DAN DESKRIPSI SPESIES DARI FILUM ECHINODERMATA DI ZONA LITORAL PANTAI PASIR PUTIH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurhaliza, 2013)

KEANEKARAGAMAN SPESIES TERUMBU KARANG (CORAL-REEF) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI IDASARI, 2015)

KOMUNITAS BINTANG LAUT (FILUM ECHINODERMATA) DI PERAIRAN PANTAI SABANG (Jufri Liadi, 2018)

INVENTARISASI IKAN YANG BERASOSIASI DENGAN TERUMBU KARANG DI PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Pitri Hidayani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy